Mother&Baby Indonesia
Menitipkan Anak pada Kakek Nenek? Boleh Kok! Asalkan...

Menitipkan Anak pada Kakek Nenek? Boleh Kok! Asalkan...

Meskipun tidak mudah, mau tidak mau seorang ibu bekerja harus rela untuk menitipkan Si Kecil pada orang lain. Namun, mencari orang yang dapat dipercaya untuk dapat menjaga Si Kecil seharian, tentunya tidak mudah ya, Moms. Kalau sudah begini, pilihan paling aman adalah menitipkan anak pada orang tua atau mertua Anda. Kami mengerti, hal yang satu ini memang sensitif juga dapat memicu pro dan kontra.

 

Maka, sebelum memutuskan untuk menitipkan Si Kecil pada kakek neneknya, banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan. Anda boleh kok menitipkan anak pada kakek neneknya, asalkan...



 

1. Kondisi Fisiknya Memungkinkan

Sebelum menitipkan Si Kecil pada kakek dan neneknya, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah kondisi fisik dan kesibukan mereka. Semakin berumur, kondisi fisik dan kesehatan mereka tentu tidak seprima saat Anda masih di bawah pengasuhan mereka. Kegiatan mengaruh anak bukanlah hal yang mudah lho, Moms! (Ya, Anda pasti setuju akan hal ini). Maka, pastikan Anda hanya menitipkan Si Kecil jika kondisi fisik orang tua atau mertua Anda memungkinkan.

 

Selain itu, Anda juga harus memikirkan kesibukan orang tua dan mertua Anda. Jangan sampai kegiatan mereka harus dikorbankan. Hal yang paling penting adalah tanyakan kesediaan mereka untuk menjaga Si Kecil. Pastikan bahwa mereka tidak keberatan untuk menjaga cucunya hingga Anda pulang kantor.


2. Membekali Semua Kebutuhan Si Kecil



Pastikan semua kebutuhan anak selama dititipkan pada kakek dan nenek sudah tercukupi. Antara lain: makanan, susu, obat-obatan, dan mainan. Ketidaksiapan Anda akan merepotkan orang tua, karena harus menyediakan kebutuhan Si Kecil. Jika perlu, tetap gunakan jasa pengasuh, sehingga tugas dan orang tua Anda hanya mengawasi.


3. Sepakati Pola Asuh yang Diinginkan

Pola asuh yang diterapkan oleh Anda dan orang tua atau mertua bisa jadi berbeda. Anda bisa membicarakannya baik-baik dengan mereka. Jelaskan dan sepakati pola asuh seperti apa yang diinginkan.

 

Persoalan yang sering muncul adalah kakek dan nenek terlalu memanjakan Si Kecil karena rasa sayang yang berlimpah. Maka, sebaiknya komunikasikan batasan-batasan yang harus diterapkan tanpa menyinggung perasaan mereka.

 

Masih ada beberapa hal lain yang perlu disiapkan Moms jika ingin menitipkan Si Kecil pada kakek neneknya. Mau tahu tips lengkapnya? Baca di Majalah Mother & Baby edisi Januari 2018 ya, Moms. (Binar Murgiati Pardini/Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: ibu,   karier,   menitipkan anak,   orang tua,   mertua,   kakek nenek










Cover Mei-Juni-Juli 2020