Mother&Baby Indonesia
A-Z Merawat Diri untuk Wanita Karir (Bagian II-Habis)

A-Z Merawat Diri untuk Wanita Karir (Bagian II-Habis)

Wajah ialah cerminan kesehatan dari tubuh seseorang. Semua wanita pasti mendambakan wajah yang setiap waktu. Sayangnya, kondisi itu tak mudah didapat, apalagi bila Anda seorang sudah menjadi ibu dan juga pekerja. Keseimbangan hidup benar-benar bisa dijaga agar tubuh terus sehat. Di mana menyempatkan berolahraga dalam agenda mingguannya.

 

Namun demikian, tahukah Anda bahwa menjaga kesehatan tubuh tak hanya dengan dengan berolahraga? Ya, tak hanya harus mengeluarkan keringat, Anda juga bisa menjaga stamina fisik dengan cara lain.vApa saja caranya, simak yuk paparan lengkapnya di bawah ini.



 

Jadikan tidur sebagai prioritas

Rata-rata para ibu punya mental “tidak akan tidur sebelum anak-anak tidur” dan akhirnya jam tidur mereka berkurang. Tapi, Alon Y. Avidan M.D., MPH, Direktur dari UCLA Sleep Disorders Center, menyarankan, supaya para ibu mengurus anak tak sampai mengurangi jam tidur mereka.

 

“Kita sudah tahu bahwa hasil penelitian menunjukan kekurangan tidur berdampak pada kesehatan tubuh. Di mana orang yang secara konsistem tidur kurang dari 6 jam meningkatkan nafsu makan, yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan mendongkrak risiko depresi, penyakit kardiovaskular (penyakit jantung, serangan jantung dan stroke) dan diabetes tipe 2,” papar dia.

 

Baca juga: A-Z Merawat Diri untuk Wanita Karir (Bagian I)

 

Dr. Avidan pun menambahkan, agar para ibu tidak mengonsumsi makanan, alkohol dan obrolan yang membuat emosi, atau stimulan – seperti kafein dan nikoten – menjelang tidur. Karena semua itu membuat Anda sulit tidur atau tidak bisa tidur. Sebaliknya, lakukan hal yang membuat Anda rileks saat berada di kamar tidur Anda atau mengingat-mengingat hal yang membuat Anda bahagia.



 

Buat waktu “me time”

Sebelum Anda menyadari waktu Anda hanya habis dengan mengganti popok, mencuci baju, menyuapi makan anak, dan membuat makanan untuk suami dan membayar listrik, dan akhirnya merasa sedih. Milikilah waktu khusus yang membuat Anda bahagia atau “me time”. Apa hobi Anda? Anda menyukai bidang apa? Lakukanlah, buatlah waktu khusus untuk Anda, khususnya jiwa Anda. “Sebab, membuat kita terhubungan dengan jiwa Anda dasar Anda menikmati hidup dan membuat Anda bahagia,” ucap Julie Burton, penulis buku The Self-Car Solution: A Modern Mother's Must Have Guide to Health and Well Being.

 

Minum vitamin

Bila memang aktivitas yang Anda jalani setiap hari menguras banyak energi dan butuh fokus, tak ada salahnya mengonsumsi vitamin, Moms. Minimal vitamin C. Sebab, khasiat vitamin C bisa mendongkrak sistem imunitas tubuh. Sehingga mampu menopang stamina fisik dan menjaga tubuh tidak mudah “ambruk”.

 

Pikiran tetap positif

Mengutip laman Mindybodygreen, berpikiran positif bisa membuat jiwa tenang, tidak gampang marah dan membuat produktivitas kerja meningkat. Caranya seperti apa? Selalu mengambil sisi positif dari kondisi yang menimpa – kendati kondisi buruk sekalipun. Kemudian, tidak terlalu gampang memikirkan kejadian-kejadian yang belum terjadi. Banyak dari kita suka melakukan hal ini. Benar kan moms? Semoga Anda bukanlah salah satu orangnya. Apa indikatornya bila Anda bisa sudah menjauhi kedua hal itu? Aktivitas terasa enteng saat dijalani. Coba, deh... (Qalbinur Nawawi/ Dok.Pexels)



Tags: jaga kesehatan tubuh,   wanita karir,   wanita sibuk,   tip sehat wanita karir








Cover Maret 2020