Mother&Baby Indonesia
A-Z Merawat Diri untuk Wanita Karir (Bagian I)

A-Z Merawat Diri untuk Wanita Karir (Bagian I)

Menjadi wanita dengan status wanita karier dan seorang ibu tidak pernah mudah. Banyak kiat yang harus dilakukan agar kedua peran itu bisa mulus dilakukan – dengan zero complain.

 

Tapi, apapun kiat yang dilakukan, fondasi dasar ialah kesehatan; bagaimana si wanita menjaga kesehatan tubuhnya. Sehingga dua aktivitas harian baik di kantor atau di rumah bisa semua dilakukan.



 

Sulit? Tentu saja, tapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Di bawah ini, Julie Burton, penulis buku The Self-Car Solution: A Modern Mother's Must Have Guide to Health and Well Being, memberikan sarannya tentang 8 cara mudah merawat diri untuk Anda wanita karir. 

 

Penasaran apa saja itu? Berikut penjelasan lengkapnya.

 

Gerakan tubuh Anda

Jangan biarkan tubuh Anda bergerak hanya untuk menyelesaikan pekerjaan kantor saja, moms. Olahraga bagi Anda wanita karir juga penting lho, minimal untuk menjaga stamina tubuh. Biar Moms tidak gampang lelah. Tentu pengen dong ketika sampai di rumah selepas kerja, Anda masih punya tenaga untuk mengajak main anak? Oleh karena itu, yuk mulai berolahraga.

 

Olahraganya apa? Pilihlah olahraga yang bisa memotivasi Anda untuk melakukan terus menerus. Apakah mengikuti kelas yoga, berlari sepanjang 5 K, menyewa personal trainer, atau membeli DVD latihan yoga atau pilates untuk dilakukan di rumah. Apapun olahraga yang Anda pilih, Burton menyarankan bahwa baiknya para memilih olahraga yang fun saat dijalani. Biasanya olahraga yang membuat hati senang, bisa membuat mereka berolahraga secara rutin. Demikian seperti dilansir laman Parents.

 

Baca juga: A-Z Merawat Diri untuk Wanita Karir (Bagian II)

 



Konsumsi makan yang sehat

“Makanan yang sehat ialah bahan bakar tubuh untuk beraktivitas. Jadi, sebisa mungkin moms memilih makan dan minum yang sehat. Dan, pastikan itu juga yang Anda berikan pada anak Anda,“ saran Sara Haas RDN, LDN, narasumber dari Academy of Nutrition and Dietetics.

 

“Pastikan Anda mempraktikkan di depan anak Anda. Sebab, Anda ialah model untuk mereka jadi rujukan bergaya hidup sehat. Lakukanlah dari hal yang sederhana. Misal, jadi vegatarian sehari dalam seminggu, mengajak anak untuk belanja dan memilih produk organik, saat makan memilih minum air mineral ketimbang soda,” tambahnya.

 

Buat waktu spesial

Kami yakin sebagai ibu yang cerdas Anda semua tak membiarkan waktu Anda habis untuk pekerjaan. Anda sudah tahu bahwa keluarga-sahabat adalah prioritas. Karena dengan merekalah hidup kita makin bahagia dan berwarna.

 

Akan tetapi, bagaimana bagi mereka yang memang sibuk – hanya punya sedikit waktu? Burton menyarankan untuk Anda membuat waktu spesial untuk keluarga atu teman Anda. Setidaknya dalam sebulan ada waktu intim dengan Anda. Contoh, setiap malam minggu diawal bulan Anda kencan dengan pasangan Anda di tempat makan, atau setiap Sabtu pagi awal bulan minum kopi dengan teman-teman Anda. Intinya, hiburlah diri Anda agar hidup kian bisa dinikmati dan mampu mencipta bahagia.

 

Jadwalkan untuk cek kesehatan

Menurut Burton, para ibu senang sekali mencemaskan anak-anaknya agar tidak sakit tapi lupa dengan tubuh merekasendiri. Ya, parahnya, para ibu sering mengabaikan sinyal tubuh atau menolak untuk datang ke klinik kesehatan. Dampaknya, saat datang ke dokter sudah dalam kondisi parah. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mencegah kondisi itu? Agendakan untuk check up kesehatan – apakah itu mamografi, cek kesehatan kulit, pap smear, vaksin flu, ke dokter gigi dan lain-lain. Dengan mengambil langkah preventif itu, sekalipun ada masalah kesehatan, rasio untuk sembuh lebih tinggi. Karena masalah kesehatan sudah ditemukan sejak dini. (Qalbinur Nawawi/Dok. Pexels )



Tags: cara merawat diri,   wanita karir,   tip merawat diri,