Mother&Baby Indonesia
Kenali 7 Produk Investasi Ini Yuk, Moms !

Kenali 7 Produk Investasi Ini Yuk, Moms !

Pada umumnya, yang mencarikan nafkah untuk keluarga adalah tugas seorang ayah. Namun, kebutuhan dengan biaya yang meningkat setiap saat membuat Moms kesulitan dalam mengatur finansial keluarga. Ada cara lain agar Moms tetap bisa menghasilkan uang tanpa harus membuat suatu bisnis atau bekerja keluar rumah.

 

Tidak ada salahnya Moms berinvestasi dengan modal dari sisi dana belanja bulanan. Selain dapat menambah tabungan untuk keperluan rumah tangga, Anda bisa belajar untuk lebih cermat dan bijak dalam mengelola keuangan. Ada 7 produk investasi yang bisa Moms pilih dan semuanya memiliki keunggulan masing-masing, seperti berikut ini:



 

1. Tabungan Berjangka
Tabungan berjangka mewajibkan Anda menyetor dana dengan jumlah tertentu selama periode yang ditentukan. Bunga yang diberikan biasanya lebih rendah dari deposito, namun lebih tinggi dari tabungan biasa.

 

2. Deposito
Deposito memberikan suku bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa. Namun, Anda hannya bisa mengambilnya pada jangka waktu tertentu.

 

3. Surat Utang Obligasi
Berisi pernyataan utang dari penerbit surat ke pemegangnya disertai janji melunasi pokok utang saat jatuh tempo pembayaran. Jumlah investasi dalam surat utang umumnya minimal Rp 100 juta.



4. Saham
Saham merupakan investasi modal. Dengan membeli saham, Anda akan memiliki bagian kecil dari suatu perusahaan. Sebelum menanam saham, Anda perlu mengetahui seperti apa perusahaan yang dipilih. Selain itu, Anda juga harus tahu waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham agar mendapat keuntungan sesuai ekspektasi.

 

5. Emas
Investasi ini dapat dikelola sendiri, artinya Anda membeli atau menjualnya kapan saja. Dengan menginvestasikan emas, Anda tidak terikat aturan jatuh tempo pencairan dana, proses hari kerja, dan penalti.

 

6. Properti
Meski membutuhkan modal yang cukup besar, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dengan 2 cara. Pertama dapat menyewakan properti yang dimiliki atau kedua, menjual properti dengan harga lebih tinggi.

 

7. Reksadana
Suatu produk reksadana harus terdiri dari minimal 20 jenis instrumen investasi. Kumpulan reksadana ini dikelola oleh MI (Manajer Investasi) dalam sebuah portofolio gabungan antara obligasi, saham, deposito, dan lainnya.


Setelah tahu apa saja produk investasi ini, Moms mulai bisa mempertimbangkan untuk melakukannya. Namun, pastikan kondisi keuangan keluarga Anda tetap stabil meski dipakai untuk berinvestasi. Moms bisa menyediakan modal kecil terlebih dahulu, dan meningkatkannya secara bertahap. Jika dapat melakukannya dengan tepat, keuntungannya bisa untuk menambah finansial sekaligus tabungan Moms, nih! (Dina Christin/Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: keuangan,   investasi,   produk_investasi,   menabung,   keuangan,   finansial










Cover Mei-Juni-Juli 2020