Mother&Baby Indonesia
Menyembunyikan Sayur di Makanan Favorit Anak

Menyembunyikan Sayur di Makanan Favorit Anak

Bagi Moms yang memiliki anak picky eater atau tidak suka sayur dan buah, pasti Anda khawatir kebutuhan gizi harian Si Kecil tidak terpenuhi, ya. Walau sayur dan buah sudah ditata dalam penyajian yang menarik, namun anak Anda masih saja tidak mau makan. Kalau sudah begini, biasanya cara paling efektif adalah dengan menyembunyikan sayur atau buah dalam makanan favorit Si Kecil. Beberapa Moms tentu pernah melakukan ini, ya.
 

Salah satu cara cermat untuk menyembunyikan sayuran dalam makanan anak adalah dengan membuat puree sayuran, untuk kemudian dicampurkan ke menu favorit Si Kecil. Hal ini sangat efektif lho, Moms!

 



Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Barbara Rolls, PhD, dari Penn State, menambahkan puree sayuran ke makanan favorit anak bisa membuat anak usia 3-6 tahun makan sayur 2 kali lebih banyak (dan 11 persen lebih sedikit kalori) dari menu hariannya.

 

 

Lasagna Bayam

Nah, kalau Moms ingin menyajikan makanan spesial dengan sayuran yang 'ngumpet' di dalamnya, maka resep Lasagna Bayam Saus Marinara ini bisa Anda coba. Simak cara buatnya yuk, Moms.

 

Bahan

1 pak pasta lasagna.

2 siung bawah putih.

300 gr keju mozzarella parut.

5 ikat bayam, rebus dan disaring.

100 gr keju parmesan parut.

1 butir telur.



500 gr saus marinara/saus tomat.

Garam dan lada hitam.

 

Cara membuat

1. Panaskan oven hingga suhu 180 Celcius.

2. Masukkan bawang putih cincang, bayam rebus, tambahkan sedikit garam, dan lada hitam dalam mangkuk.

3. Dalam baking tray, letakkan pasta lasagna hingga menutupi dasar baking tray.

4. Tuang sebagian saus marinara di atasnya. Lalu lanjutkan dengan sebagian campuran bayam kemudian tutup dengan parutan keju mozzarella.

5. Ulangi proses melapis hingga 3 lapis.

6. Tutup lapisan terakhir dengan pasta dan tuang saus marinara. Tutup baking tray dengan aluminium foil, lalu panggang adonan selama 35 menit.

7. Setelah 35 menit, buka aluminium foil dan taburkan sisa keju mozzarella dan parmesan parut di atas lasagna. Panggang kembali dengan baking tray terbuka selama 10 menit atau hingga keju meleleh dan berwarna kecokelatan.

 

Untuk panduan cara membuatnya, klik video di bawah ini, Moms.

(Tiffany Warrantyasri/Dok. Freepik, Video Dok. M&B)



Tags: lasagna,   nutrisi,   gizi,   anak,   makanan,   sayur,   buah,   bayam,   kesehatan,   balita,   resep,   video










Cover Mei-Juni-Juli 2020