Mother&Baby Indonesia
Mau Jadi Vegetarian? Ini 5 Cara Mudahnya

Mau Jadi Vegetarian? Ini 5 Cara Mudahnya

Salah satu cara untuk menjadi lebih sehat adalah mengubah pola hidup juga makanan. Meski terkesan menakutkan, sebenanrnya menjadi vegetarian tidaklah sesulit yang dibayangkan. Dengan cara pandang yang diubah, menjalankan rencana yang tersusun dan beberapa trik bisa dilakukan untuk mengakali cara hidup vegetarian. Lima tips berikut ini bisa Anda lakukan untuk menggantikan menu makanan dari daging hingga susu menjadi menu lebih sehat.


1. Ganti Daging dengan Tahu, Tempe, atau Jamur

Untuk bisa mendapatkan protein terbaik, tidak harus didapat dari daging baik sapi, ayam, atau hewan lainnya. Salah satu yang bisa Anda pilih adalah tahu, dengan teksturnya yang lembut, dan mengandung zat besi serta protein yang setara dengan daging. Dari masakan tumis, kuah, hingga panggang, tahu bisa diubah jadi makanan favorit Anda.



 

Bahan lainnya yaitu jamur dengan jumlah zat besi, protein, serta vitamin C yang bisa mencukupi kebutuhan tubuh kita. Salah satu jenis yang mudah di olah adalah jamur Portobello atau bisa dengan jamur tiram. Selain itu, tempe yang memiliki tekstur lebih renyah karena menggunakan kedelai utuh juga bisa menjadi alternatif pengganti daging.


2. Substitusikan Susu

Susu tidak hanya bisa didapat secara hewani saja, tapi ada jenis susu lain yang bisa menggantikan peran susu hewani. Mulai dari sari kacang kedelai, sari kacang almond, sari gandum, atau santan kelapa. Dengan mengetahui pengganti susu hewani, Anda bisa memilih menu santapan lain dengan bahan setara dengan susu tersebut.


3. Tukar Keju dengan Kacang-kacangan



Anda memang dapat membeli keju vegan atau berbahan dasar sayur di beberapa pasar swalayan. Namun akan lebih baik untuk menukar keju dengan kacang-kacangan. Kacang mentah, terutama kacang mete, bisa diolah menjadi saus krim untuk melengkapi makanan favorit seperti fettuccine Alfredo, nacho, atau bahkan fondue. Tahu halus atau tofu juga bisa digunakan untuk mengganti keju menjadi olahan seperti ricotta pada hidangan seperti pasta dan pizza.


4. Gunakan Pemanis dan Lemak Alami

Sebuah hidangan penutup biasanya mengandung mentega, gula atau madu sebagai bahan pokok dalam pembuatannya. Untuk mengurangi bahan seperti mentega, bisa diganti dengan mentega kelapa atau margarin dari kedelai. Keduanya memiliki rasa yang mirip dengan mentega biasa dengan nutrisi yang lebih baik. Untuk pengganti gula atau madu, bisa mencoba sirup maple atau gula merah yang mudah ditemukan dan dijual dengan harga terjangkau.


5. Pakai Tempe atau Sayur Sebagai Pengganti Daging Asap

Jika tempe dipotong tipis-tipis dan digoreng atau dipanggang, rasanya akan serupa dengan daging asap. Sayuran lain seperti terong atau jamur juga bisa diolah sedemikian rupa sehingga memiliki tekstur yang renyah. Jika diberi bumbu yang pas, maka rasanya akan semakin nikmat.


Jadi sekarang, Anda bisa menikmati hidangan lezat penuh nutrisi setiap hari. Imbangi juga dengan rutin berolahraga dan Anda dapat memiliki bentuk tubuh dan berat badan ideal. Selamat mencoba. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: menu_sehat,   vegetarian,   gaya_hidup,   kesehatan,   makanan,   daging,   vitamin,   nutrisi