Mother&Baby Indonesia
5 Cara Mudah Agar Anak Mau Makan Menu Sehat

5 Cara Mudah Agar Anak Mau Makan Menu Sehat

Dalam merawat anak, tentu tidak semuanya berjalan sesuai rencana Anda ya, Moms. Ada saja hal yang tidak sesuai, termasuk saat memberikan menu makan sehat pada Si Kecil. Anak-anak biasanya akan makan lebih lahap ketika diberi pasta, nugget, atau makaroni keju. Sayangnya, mereka akan menolak ketika ditawarkan sayuran dengan warna menarik, karena bagi mereka rasanya tidak enak.

 

Untuk mengatasi hal ini, terdapat 5 tip untuk membuat anak mudah  mengonsumsi menu makanan sehat seperti sayur-sayuran. Setiap hal mulai dari yang tidak boleh dilakukan dan yang wajib Anda lakukan tercantum seperti di bawah ini:



1. Yang Tidak Boleh Dilakukan

Agatha Achindu, pendiri Yummy Spoonfuls Organic Baby Food menegaskan pada orang tua untuk tidak membiarkan anak mereka ketagihan gula. “Hampir semua makanan kemasan saat ini memiliki kadar gula yang cukup tinggi,” lengkap Agatha. Jadi, buang semua minuman atau makanan yang memiliki pemanis alami maupun buatan. Begitu juga dengan makanan cepat saji yang tidak boleh disantap di dalam rumah, karena mereka tidak akan memakannya jika tidak terbiasa.

 

Meski Anda tidak bisa selalu mengawasi asupan Si Kecil, usahakan untuk tetap memberikan makanan sehat ketika di rumah. Berikan sayuran apapun pada mereka meski Anda sendiri tidak menyukainya. Tidak perlu melakukan taktik rayuan atau lainnya, hanya dengan memberinya setiap hari dengan rutin maka Si Kecil akan terbiasa untuk makan sehat.


2. Buat Makanan Menjadi Menarik

Tidak hanya dari tampilan, cara Anda menghadirkan menu makanan sehat juga harus dibuat semenarik mungkin. Hal ini pun disampaikan oleh Lori Day, seorang psikolog pendidikan dan konsultan. Ajak Si Kecil untuk mengenal sayuran yang ada di hadapannya, seperti mengupas kacang polong atau ikut memotong wortel, tentu dengan pengawasan Anda sebagai orang tua.

 

Sama dengan sayuran, lauk mereka pun menjadi sesuatu yang menarik untuk dieksplor dan dimakan tentunya. Gunakan rasa penasaran Si Kecil terhadal menu mereka seperti ikan atau kerang dan manfaatkan ilmu sains untuk menjadikannya menarik. Dengan begitu, mereka mengetahui apa manfaat dan keunikan dari makanan yang ia santap.


3. Libatkan Anak

Ketika Anda akan berbelanja ke pasar, cobalah untuk membawa Si Kecil dan minta ia memilih menu yang mereka mau. Setelah pulang, Anda dan anak bisa memasak bersama dengan menu pilihan anak dan sayuran sebagai pendampingnya. “Anak-anak akan terinspirasi untuk mau makan sehat ketika tidak berdekatan dengan camilan manis kesukaannya,” ungkap Margaret McSweeney, pembawa acara radio Kitchen Chat.



 

Cara lainnya, Anda bisa menanam berbagai sayuran dan buah di halaman belakang. Ketika musim panen, ajak Si Kecil untuk ikut mengambil semua bahan-bahan tersebut dan buatkan masakan sederhana dengan sayur segara atau jus buah yang baru dipetik tadi.


4. Beri Anak Pilihan

Menurut Ava Parnass, psikioterapis bayi dan anak dan penulis Hungry Feelings Not Hungry Tummy, menjelaskan bahwa sejak masih kecil, orang tua harus membuatkan anak mereka memilih makanan yang ia mau. Mulai dari buah, sayuran, hingga makanan ringan yang mereka sukai.

 

Beri kesempatan pada anak untuk dapat memilih selama masa tumbuh kembangnya. Usahakan agar sebagai orang tua, Anda tidak terlalu mempermasalahkan makanan yang akan dinikmati Si Kecil. “Pastikan Anda tidak terlalu mengendalikan atau memberikan penjelasan yang rumit pada mereka. Jika hal tersebut terus terjadi, maka mereka akan memberontak ketika waktu makan tiba,” tambah Ava.


5. Jadilah Kreatif

Ketika memberikan Si Kecil makan sehat, usahakan untuk membuat tampilan yang menarik. Saat ini, banyak video tutorial untuk membuat menu makan siang dengan berbagai karakter lucu dan memanfaatkan berbagai macam sayuran. Bisa bernuansa cerah dengan warna oranye wortel dan hijaunya brokoli. Tema lain juga bisa dibuat dengan memanfaatkan warna kubis ungu dipadu bawang merah besar.

 

Untuk mengakali anak agar mau makan sayur, bisa juga dengan membuatkan jus buah segar. Perlahan-lahan, Anda bisa tambahkan sayuran seperti bayam, seledri atau asparagus untuk membuat nutrisi mereka tetap terpenuhi.


Perlahan namun pasti, Anda bisa memberikan Si Kecil menu makan sehat yang sangat baik untuk tumbuh kembangnya. Siapa tahu dengan cara-cara di atas bisa membuat anak menyukai sayuran dan memiliki pola hidup sehat sejak kecil. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   makan sehat,   gaya hisup sehat,   sayuran