Mother&Baby Indonesia
4 Cara Ampuh untuk Mencegah Anak Terkena Flu

4 Cara Ampuh untuk Mencegah Anak Terkena Flu

Indonesia sudah mulai mengalami perubahan cuaca atau pancaroba. Setiap hari selalu berubaha dari panas terik menjadi hujan deras, atau sebaliknya. Hal ini tentu membutuhkan daya tahan tubuh yang baik atau Moms dan Si Kecil akan rentan terhadap penyakit, termasuk flu.

 

Di Amerika Serikat, penyakit influenza sudah merenggut lebih dari 30 nyawa anak-anak. Karenanya, pencegahan harus dilakukan dan empat cara ini bisa diterapkan agar Si Kecil tidak mudah terserang flu.



 

1. Menerima Vaksin Influenza

Usahakan untuk selalu tepat waktu dalam memberikan vaksin pada anak, bahkan sejak mereka masih bayi. Salah satu vaksin penting dan harus diberikan setiap tahunnya adalah vaksin influenza. Vaksin ini mulai diberikan pada bayi yang berusia 6 bulan ke atas. Sedangkan untuk bayi di bawah 6 bulan yang belum bisa menerima vaksin, tidak boleh berdekatan atau kontak langsung dengan pengidap flu lainnya.

 

“Kita harus melindungi anak dari berbagai virus. Vaksin sangat penting, terutama bagi mereka yang mudah terpapar sakit,” lengkap Dr. Flor Munoz, profesor pediatrik, penyakit menular, dan mikrobiologi di Baylor College of Medicine terkait pentingnya memberikan vaksin influenza pada anak-anak.


2. Waspada Gejala

Setiap penyakit memiliki gejala tertentu, termasuk flu. Jika Si Kecil mulai mengalami hidung tersumbat, bersin-bersin, hingga sakit di tenggorokan, Moms segeralah membawanya ke dokter. Idealnya, ajak anak berobat satu sampai dua hari sejak munculnya gejala tersebut.




3. Lakukan Anjuran Dokter

Istirahat atau tidur menjadi salah satu cara terbaik untuk bisa cepat sehat. Namun, jangan lupa untuk memberikan Si Kecil obat sesuai anjuran dokter. Baik vaksin kembali atau konsumsi obat seperti puyer perlu dilakukan agar anak cepat sembuh. Pastikan untuk membeli obat sesuai resep dengan takaran yang sudah dibuat oleh dokter.

 

Baca juga: Tips Meredakan Batuk dan Pilek Anak


4. Ajarkan 'Etika Sakit'

Ada beberapa hal yang tidak didapatkan Si Kecil di sekolah, termasuk etika batuk dan bersin. Moms bisa mengajarkan mereka hal sederhana seperti menutup hidung atau mulut dengan tisu ketika bersin atau batuk. Ajarkan cara mencuci tangan yang benar dan bersih setelah bermain di luar ruangan atau saat ingin makan.

 

Dengan melakukan keempat hal ini, Moms sudah bisa meminimalisir risiko flu pada Si Kecil. Jangan lupa untuk menjaga asupan makanan untuk menjaga day atahan tubuh agar lebih kuat terhadap paparan penyakit. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   sakit,   flu,   pencegahan,   tips








Cover Januari - Februari 2020