Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 26 Januari 2018 / Redaksi

Kenali Perkembangan Emosi Balita (3-5 Tahun)

Dengan kemampuan kognitif yang semakin berkembang, ia sudah memahami konsep kepemilikan. Hal ini tidak serta merta membuat Si Kecil semakin egois, karena empatinya sudah berkembang dengan baik. Selain itu, ia juga sudah memiliki keinginan untuk menyenangkan hati orang-orang yang ia sayang.

 

Tantrum seharusnya sudah jarang terjadi. Ini karena keterampilan komunikasinya sudah jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Ia pun akan lebih senang untuk menyatakan perasaannya dibandingkan mengamuk. Namun, perubahan yang cepat dari waktu ke waktu masih sering muncul.



Baca juga: Kenali Perkembangan Emosi Anak (1-3 Tahun)

 

Selain itu, rasa peduli terhadap keberadaan dan perasaan orang lain juga semakin besar. Ini berdampak terhadap kesadarannya pada pelajaran moral dari Anda. Si Kecil akan tertarik pada bagaimana ia dapat membagi makanan dengan adil atau menegur temannya yang bersikap kasar.



 

Baca juga: Kenali Perkembangan Emosi Bayi (0-12 Bulan)

 

Empati yang semakin besar ini juga memengaruhi Si Kecil dalam pergaulannya sehari-hari. Ia sudah dapat mengerti pembagian peran dalam permainan ataupun semakin mudah bergaul dalam sebuah kelompok pertemanan. (Gabriela A. Pramesvari/DON/Dok. Freepik)

 

 

 


RELATED ARTICLE

5 Langkah Persiapkan Kakak Menyambut Adik Barunya

Ibu Bekerja Sulit Mengatur Waktu? Ini Tipsnya!

5 Langkah Mudah Mengajarkan Keuangan pada Anak

OTHER ARTICLES

Optimalkan Perkembangan Anak dengan Mainan Musik

Apakah Tendangan dan Gerakan Janin Pertanda Ia Sehat?

Efek Pola Asuh Moms terhadap Jagoan Ciliknya

6 Ketakutan yang Ibu Rasakan Menjelang Persalinan

Bayi Pertama di Amerika Lahir dari Transplantasi Rahim