Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 2 Januari 2018 / Redaksi

6 Kegiatan Seru untuk Meningkatkan Kreativitas Balita

Setelah menjadi orang tua, Moms memiliki satu kewajiban menyenangkan, yaitu mengajak Si Kecil bermain. Tidak harus melakukannya di luar rumah, segala aktivitas di dalam rumah juga bisa menjadi kegiatan yang seru untuk dilakukan bersama anak. Yuk, simak beberapa permainan seru di dalam rumah yang bisa meningkatkan kreativitas anak berikut ini.


1. Melukis

Melukis bukanlah hal rumit yang harus menggunakan kuas serta palet cat untuk menghasilkan gambar yang bagus. Anda bisa mengajak Si Kecil bermain warna dengan telapak tangan mereka, lalu tempelkan pada selembar kertas (atau bahkan di tembok). Selain menyenangkan, anak bisa belajar tentang berbagai warna-warni serta membuatnya bergerak, seperti aktivitas olahraga ringan ya, Moms.



 

2. Membuat topeng di piring kertas

Di usia balita, anak sudah mulai memahami pola tertentu. Untuk itu, Moms bisa mengajak mereka membuat topeng dalam berbagai bentuk. Bisa bergambar binatang seperti katak, monster lucu, atau wajah mereka sendiri. Topeng tersebut bisa diwarnai dengan cat, diberi gliter, ditempelkan kapas, dan lainnya agar semakin lucu saat dikenakan.


3. Membuat boneka

Selain membuat topeng, Moms juga bisa mengajak Si Kecil membuat boneka dari kertas karton bekas tisu toilet. Berbagai bentuk seperti pangeran tampan, bebek, atau kancil bisa dibuat, lalu pakai untuk menyampaikan cerita seperti kisah Si Kecil yang mencuri ketimun. Tambahkan kain perca, bulu, atau lainnya untuk membuat boneka terlihat lucu.

 

4. Membangun kastil

Ketika orang lain melihat kardus tak terpakai hanya untuk dibuang, Moms dan Si Kecil bisa mengubahnya menjadi sebuah kastil megah. Potong dan tempel bagian-bagian dari kardus, serta tambahkan warna dengan cat sesuai imajinasi anak. Hal ini tentu saja semakin menambah kreativitas Si Kecil juga Anda secara tidak langsung. Jangan lupa untuk bermain di dalam kastil tersebut, ya.



Mau membuat kastil mini? Ikuti tutorial video ini, Moms!

 

5. Permainan bola

Sore hari menjadi waktu yang pas untuk bermain bola. Tidak hanya dengan Moms, Si Kecil juga bsia mengajak ayahnya untuk memainkan bola bersama. Tidak hanya menjadi bola tendang, permainan lain seperti dodge ball atau hanya melempar bola bisa dilakukan dengan menyenangkan. Kegiatan ini juga bisa sekaligus melatih motorik anak seperti menangkap atau menendang bola dengan tepat.

 

6. Balapan

Tidak hanya soal kecepatan dalam bermain mobil-mobilan atau berlari di lapangan, balapan ini juga bisa dilakukan pada kegiatan lainnya. Banyak tantangan seperti memutar hula hoops paling banyak, atau mencari koin yang disembunyikan dalam daun kering. Menang atau kalah bukan yang utama, tetapi mengajarkan anak cara berkompetisi yang sehat dan jujur. (Vonia Lucky/TW/Dok.Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

3 Kunci untuk Mendorong Kesuksesan Anak Sejak Dini

5 Tips agar Anak Bisa ke Toilet Sendiri

5 Cara Ampuh Mengajarkan Balita agar Lancar Berbicara

OTHER ARTICLES

Belanja Seru dan Berburu Ilmu di M&B Fair 2019 Makassar

Berbagi Ilmu dan Keceriaan di Mother&Baby Fair Makassar

Momo Market " Future Culture"

Awas, TBC Bisa Mengancam Balita Anda, Moms!

4 Hal yang Ganggu Rutinitas Bayi dan Cara Mengatasinya