Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 10 Januari 2018 / Redaksi

7 Jenis Mainan Terbaik untuk Bayi Baru Lahir

Biasanya Moms memberikan beberapa mainan untuk menemani Si Kecil, termasuk yang baru lahir. Meski baru lahir, mereka tetap memerlukan sesuatu yang mampu merangsang saraf motorik dan sensorik pada tubuhnya. Si Kecil akan sangat tertarik pada benda dengan pola yang kontras dan warna yang terang.

 

Namun, ada beberapa hal yang harus Moms perhatikan dalam memilih mainan untuk bayi baru lahir. Untuk membantu, ini 7 jenis mainan terbaik untuk bayi baru lahir.

1. Mainan ringkas: Saat Si Kecil sendirian, dia akan lebih fokus pada benda-benda di dekatnya. Meski tidak selalu memainkan benda yang sama, tapi ia akan menunjukkan rasa sukanya pada satu mainan dengan memukul atau sekedar menyentuhnya.


2. Kotak musik: Musik adalah salah satu sarana terbaik untuk menghibur dan menenangkan Si Kecil. Tidak hanya dari kotak musik, tetapi juga dari MP3 player biasa. Mainkan berbagai musik (tidak terlalu berisik atau kencang) dan lihat respon mereka terhadap musik tersebut. Ada banyak referensi musik dan lagu yang bisa Moms pilih untuk diberikan pada Si Kecil sesuai umurnya.


3. Cermin: Bayi sangat mudah terpukau karena satu hal sederhana, termasuk pantulan dirinya sendiri di cermin. Terutama saat mereka berusia 3 bulan, Anda bisa ikut melihat pantulan diri sendiri dengan Si Kecil dan tersenyum bersamanya. Pasangkan cermin di tempat yang mudah terlihat bayi, usahakan agar tidak bisa ia sentuh agar tidak membahayakannya.


4. Buku cerita: Sebuah buku bisa dijadikan sebagai mainan Si Kecil. Cari buku dengan bahan halus agar tidak menyebabkan seperti iritasi pada kulit mereka. Jika perlu, belikan buku dengan gambar timbul untuk membuat cerita semakin nyata. Dengan warna terang dan bentuk unik, akan menarik anak untuk mendengarkan cerita sekaligus menyentuh buku tersebut.


5. Mainan sensorik: Ada banyak mainan yang memiliki tekstur saat disentuh, seperti boneka dengan bulunya. Untuk bayi baru lahir, akan lebih baik untuk memberikan mainan yang lembut dan kenyal saat disentuh, dipegang, atau ditekan Si Kecil. Biasanya, mainan ini tersedia dalam bentuk yang bisa digantung di tempat tidur atas bayi.


6. Gemerincing di Pergelangan Tangan: Ada beberapa mainan yang terpasang pada sarung tangan dan memiliki bunyi seperti gemerincing. Si Kecil akan tertarik pada suara yang keluar dari benda yang dipakai sendiri.


7. Lonceng: Bayi suka musik lembut, jadi letakkan lonceng di tempat yang memudahkan Si Kecil untuk melihatnya bergerak dan mendengarkan suara. Akan lebih baik untuk dipasangkan di atas tempat tidur agar bayi lebih mudah tertidur. Moms juga bisa membuat Si Kecil menyentuhnya sendiri untuk merasakan gerak dan bunyi lonceng tersebut.
 

Pemilihan mainan yang tepat dapat membuat bayi bertumbuh dengan baik dan tetap bisa berinteraksi dengan orang lain, termasuk orang tuanya. (Vonia Lucky/TW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Moms, Ini Buah & Sayuran yang Baik untuk Si Kecil

Pola Tidur Anak Pengaruhi Perkembangan Emosinya

Tanggapan Dokter Mengenai 6 Mitos Tumbuh Kembang Bayi



OTHER ARTICLES

Terlalu Bersih Ternyata Tidak Selamanya Baik untuk Bayi

Cara Cerdas Belanja Bulanan

The Great 50 Show

3 Mitos Tentang Wanita dan Uang yang Perlu Moms Ketahui

Amankah Menikmati Makanan Pedas saat Hamil?