Mother&Baby Indonesia
Ini Cara Mengatasi Katarak pada Bayi

Ini Cara Mengatasi Katarak pada Bayi

Gangguan penglihatan seperti katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa yang sudah lanjut usia. Bayi yang baru lahir pun bisa mengalami katarak juga, Moms. Hal itu juga terjadi pada Ibran, anak kedua Asri Welas yang mengalami katarak sejak usianya masih 3 bulan. Meski begitu, katarak pada bayi ini bisa diatasi, Moms.

 



Apabila Si Kecil sudah diketahui ada katarak di matanya sedini mungkin, perawatan yang dilakukan tentunya akan menyelamatkan penglihatannya. Perawatan untuk mengangkat katarak pada bayi adalah dengan mengoperasinya.

 

Menurut beberapa ahli, seperti yang dikutip dari allaboutvision.com, waktu yang tepat untuk memperbaiki mata Si Kecil dari katarak kongenital adalah ketika ia berusia 6 minggu hingga 3 bulan atau Moms bisa diskusikan hal ini pada dokter yang menangani Si Kecil. Semakin cepat katarak pada bayi diangkat, akan semakin baik untuk penglihatannya.

 

Selama operasi berlangsung, Si Kecil akan diberikan anestesi umum agar ia tidak terganggu dan terbangun. Dokter akan menggunakan alat khusus untuk membuka lensa mata Si Kecil yang terkena katarak, lalu mengeluarkannya melalui sayatan yang sangat kecil. Operasi yang dilakukan oleh dokter ahli akan aman bagi Si Kecil.

 



Usai dioperasi, Si Kecil akan menggunakan kacamata khusus untuk memulihkan kembali matanya. Selain kacamata khusus, bisa pula menggunakan lensa implan dan kontak lensa. Meski belum diketahui sampai seberapa jauh penglihatan yang dialami Si Kecil usai dioperasi, ia tetap bisa hidup dengan normal seperti anak-anak lainnya. (Risia/TW/Dok. Freepik.com)

 

Baca juga:

Usia 5 Bulan, Anak Kedua Asri Welas Terserang Katarak

Kenali Penyebab dan Gejala Katarak pada Bayi

Timbul Katarak setelah Lahir



Tags: katarak,   bayi,   perawatan,   solusi










Cover April 2020