Mother&Baby Indonesia
BLW atau Spoonfeeding, Mana yang Mudah Tersedak?

BLW atau Spoonfeeding, Mana yang Mudah Tersedak?

 

Beberapa tahun belakangan, mulai dikenal metode Baby Led Weaning (BLW), yaitu metode untuk membiarkan anak menyuap makanannya sendiri, sejak awal MPASI. Itu artinya, sejak usia 6 bulan anak sudah makan makanan padat, bukan puree atau makanan apapun yang dilumatkan. Metode yang dikenalkan oleh Gill Rapley ini membuat beberapa orang tua khawatir anaknya akan tersedak.

 



Padahal menurut penelitian terbaru dari New Zealand, metode BLW maupun spoonfeeding (disuapi oleh orang dewasa), memiliki tingkat risiko tersedak yang sama besarnya. Penelitian ini melibatkan 206 keluarga yang dibagi menjadi 2 grup, BLW dan spoonfeeding.

 



Grup yang menggunakan metode BLW didampingi konsultan laktasi dan asisten peneliti untuk mencegah kemungkinan bayi tersedak. Selain itu, grup BLW juga dibekali saran-saran untuk mencegah kemungkinan tersedak, termasuk jenis makanan yang dihindari seperti anggur, kacang, dan makanan yang jika dipotong berbentuk koin seperti sosis atau wortel.

 

Di akhir penelitian terungkap bahwa jumlah bayi yang tersedak dalam 2 grup tersebut sama banyaknya. “Bayi yang menggunakan BLW ternyata memiliki risiko tersedak yang sama dengan bayi yang disuapi,” ujar profesor Rachael Taylor dari University of Otago, seperti dikutip dari CBC News. Penelitian itu juga mengungkap pentingnya pengawasan orang tua saat Si Kecil makan, terlepas dari jenis metode yang digunakan. (Nadia/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)



Tags: mpasi,   metode,   info,   blw