Kehamilan & Persalinan - Persalinan / 30 September 2017 / Redaksi

5 Fakta tentang Baby Blues yang Perlu Moms Ketahui

5 Fakta tentang Baby Blues yang Perlu Moms Ketahui

Setelah melahirkan, ibu baru sering terserang baby blues. Bahkan banyak calon ibu yang khawatir berlebih terserang baby blues. Jangan terlalu khawatir, Moms, karena faktanya, baby blues adalah hal yang normal terjadi. Yuk ketahui 5 fakta tentang baby blues yang perlu Anda ketahui:

 

1. Baby blues = normal

Menurut Della, M.Psi, seorang psikolog dari Tiga Generasi dan Brawijaya Clinic, baby blues adalah kondisi normal yang dialami oleh sebesar 50-85% ibu sesudah melahirkan.

 

2. Faktor hormonal

Penyebabnya adalah pengaruh hormonal yang masih fluktuatif sejak masa kehamilan.

 

3. Gejala variatif

Gejalanya cukup beragam, namun yang paling sering tampak adalah ibu menjadi lebih sensitif, mudah marah, mudah tersinggung, sering menangis tanpa alasan yang jelas, merasa sedih, merasa tidak mampu, cemas, dan mudah merasa lelah.

 

4. Berlangsung 2 minggu

“Gejala ini biasanya berlangsung selama 2 minggu setelah melahirkan, dan akan hilang dengan sendirinya tanpa butuh bantuan atau penanganan lebih lanjut,” ujar Della saat ditemui di Mother&Baby Fair 2017.

 

5. Bukan depresi

Menurut Della, baby blues tidak sama dengan post partum depression (PPD) atau depresi pasca melahirkan. “Jika gejala baby blues berlangsung lebih dari 2 minggu, disertai kondisi yang memburuk dan bertambah intens, maka seseorang bisa dikatakan mengalami post partum depression,” ujar Della.

 

Ingin mendapatkan lebih banyak info dari para pakar? Ayo simak aneka talkshow di Mother&Baby Fair 2017, di Balai Kartini, Jakarta. Acara ini berlangsung sejak 28 September hingga 1 Oktober, mulai jam 10.00-20.00, Moms. Sampa jumpa di Mother&Baby Fair, Moms. (Tiffany/Dok. Freepik)

loading...
loading...





RELATED ARTICLE

Tahan Komentar Ini pada Ibu yang Baru Melahirkan

7 Tanda Anda Akan Melahirkan dalam Waktu Dekat

5 Cara Mudah Atasi Depresi Pasca Melahirkan




OTHER ARTICLES

15 Fakta tentang Kebutuhan Cairan saat Hamil

Seru dan Banyak Diskon di BTN Social Expo 2017

'Sharenting,' Fenomena Baru di Dunia Parenting

Kehamilan Membuat Mata Lebih Kering? Ini Penjelasannya

8 Tips Menjemur Bayi