Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 30 September 2017 / Redaksi

5 Perubahan pada Tubuh Ibu Hamil

5 Perubahan pada Tubuh Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan dialami selama hamil. Mulai dari perubahan bentuk tubuh, nafsu makan, hingga posisi tidur. Masih banyak lagi perubahan fisik yang dialami ibu hamil, apa saja ya perubahan tersebut? Simak daftar berikut ini yuk, Moms.

 

1. Kulit
Terjadi perubahan pada warna kulit yang terkadang membuat ibu hamil merasa resah. Seperti kehitaman pada area tertentu (lipatan ketiak, leher, lipatan paha). Hentikan pemakaian krim pemutih dengan kandungan tertentu, karena itu hanya bersifat sementara. “Area kehitaman pada kulit selama hamil, tidak menjadi masalah. Maka nggak perlu pakai krim pemutih karena nanti akan kembali seperti semula setelah melahirkan,” ujar dr. Med. Firman Santoso, Sp.OG dari Brawijaya Woman and Children Hospital saat ditemui di Mother&Baby Fair 2017.

 

2. Payudara
Ukuran dan volume payudara akan bertambah saat usia kandungan 7-8 minggu. Disarankan untuk tidak menggunakan bra yang ketat karena akan membuat payudara terasa nyeri. Sebaiknya ibu hamil menggunakan sport bra yang elastis dan menyerap keringat, tentunya agar lebih nyaman dan bebas nyeri.

 

3. Morning Sickness
Mual atau muntah pada awal kehamilan merupakan hal yang biasa dialami oleh ibu hamil. Ini memang hal yang tidak menyenangkan, tapi biasanya akan sembuh pada minggu ke 16 sampai 20 kehamilan. Anda dapat mengatasinya dengan makan dalam porsi kecil, namun lebih sering untuk mengurangi asam lambung yang naik. “Ibu hamil dapat makan 7 kali sehari dalam porsi yang kecil untuk menghindari mual,” ujar dr. Firman. “Anda juga harus selalu membawa makanan ringan dalam tas untuk menghindari perut kosong,” tambah dr. Firman.

 

4. Kaki Kram
Studi menunjukkan, kaki atau bagian tubuh lain yang kram saat hamil karena kurangnya magnesium dan kalisum dalam tubuh. Untuk itu, dr. Firman menyarankan untuk minum susu setidaknya 3 kali sehari. “Kalau sering kram, mulailah minum susu untuk menambah magnesium dan kalsium dalam tubuh,” ujarnya. Ibu hamil juga dapat meregangkan otot saat bangun tidur, atau mengikuti prenatal yoga.

 

5. Heartburn
Ulu hati yang terasa seperti terbakar, dapat diatasi dengan menghindari makan yang terlalu cepat. Karena dapat membuat lambung bekerja dengan sangat berat dan terasa heartburn. (Seva/TW/Dok. Freepik)
 

loading...
loading...





RELATED ARTICLE

Ini yang Bikin Emosi Bumil Naik Turun

Yuk, Intip Maternity Photo ala Acha Septriasa

Berbagi Kisah: 5 Tahun Menanti Momongan




OTHER ARTICLES

15 Fakta tentang Kebutuhan Cairan saat Hamil

Seru dan Banyak Diskon di BTN Social Expo 2017

'Sharenting,' Fenomena Baru di Dunia Parenting

Kehamilan Membuat Mata Lebih Kering? Ini Penjelasannya

8 Tips Menjemur Bayi