Home - Bayi - Tanya Ahli Bayi / 4 September 2017 / Redaksi

Ini Penyebab Bayi Demam saat Tumbuh Gigi

Dijawab oleh dr. Jeanne-Roos Tikoalu, Sp.A, IBCLC, dari RS Pondok Indah - Puri Indah.

 

T: Apakah benar setiap bayi mau tumbuh gigi akan mengalami demam? Anak saya berusia 5 bulan dan sedang tumbuh gigi. Ia jadi rewel terus, tetapi tidak mengalami panas dan demam. Mohon penjelasannya ya, dok.



 

J: Proses tumbuh gigi merupakan salah satu bagian dari pertumbuhan seorang bayi. Bakal gigi akan menembus mukosa gusi pada saat proses pertumbuhan gigi. Kondisi ini menyebabkan pekerjaan tubuh (metabolisme badan) meningkat, salah satunya ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh. Peningkatan suhu tubuh ini, seringkali dianggap orangtua sebagai demam. Namun peningkatan suhu tubuh tersebut belum tentu dialami setiap  bayi, seperti halnya bayi Ibu.



 

Meski tidak mengalami peningkatan suhu tubuh, tetapi rasa tidak nyaman akibat tumbuh gigi seringkali membuat bayi rewel. Ibu bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang dialami Si Kecil dengan mengajak bicara, mendengarkan musik atau memberikan mainan untuk mengalihkan perhatiannya. Mainan gigit seperti "teether" juga dapat diberikan untuk mengurangi rasa tidak nyamannya. Umumnya rewel akan segera teratasi, setelah gigi sudah tumbuh. (Claudia Carla/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)

 

 


RELATED ARTICLE

Cara Mengatasi Kebiasaan Bayi Menyemburkan Makanan

Cara Mengobati Diare pada Bayi

Benarkah Bayi Akan Demam Saat Tumbuh Gigi?

OTHER ARTICLES

Mother&Baby Fair 2019 Hadir di Makassar Weekend Ini!

Mitos Seputar Kulit Bayi yang Anda Perlu Tahu

Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam? Ini Jawabannya, Moms

50+ Ide Nama Bayi Laki-Laki yang Bermakna Berani

Muslim Life Fest 2019