Mother&Baby Indonesia
7 Langkah Menyikat Gigi Si Kecil

7 Langkah Menyikat Gigi Si Kecil

Membiasakan Si Kecil untuk rajin menyikat gigi harus dimulai sejak dini. Namun jangan asal menyikat gigi, cara dan aturannya pun harus dilakukan dengan tepat. Untuk itu, yuk ajarkan Si Kecil cara menyikat gigi dengan benar.

 



Seperti yang dikatakan Ikatan Dokter Anak Indonesia, kerusakan gigi tidak hanya memengaruhi senyum ceria Si Kecil, namun juga dapat mengganggu pertumbuhan fisiknya, seperti pertumbuhan rahang, sendi, dan susunan gigi. Untuk mencegahnya, rutin sikat gigi 2 kali sehari selama setidaknya 2 menit sangat diperlukan. Yuk, ajak Si Kecil sikat gigi!


Langkah-langkah untuk Menyikat Gigi Anak


1. Memilih Sikat Gigi

Memilih Sikat Gigi

Pilih sikat gigi berbulu lembut yang didesain khusus untuk gigi dan mulut anak, kemudian berikan pasta gigi yang mengandung flouride. Untuk anak di bawah 3 tahun, American Academy of Pediatrics menyarankan pemberian pasta gigi sebesar 1 butir beras. Untuk anak 3-6 tahun, berikan pasta gigi sebesar 1 biji jagung.

 

2. Berkumur

Berkumur

Ajak Si Kecil berkumur terlebih dahulu. Sebaiknya berikan ia air matang, agar lebih aman jika tertelan.

 

3. Menyikat Gigi Bagian Depan

Menyikat Gigi Bagian Depan

Mulai dengan menyikat gigi bagian depan. Pastikan gerakannya benar, yaitu satu arah dari gusi ke gigi. Agar Si Kecil mudah mengingatnya, sebut saja “dari merah ke putih” alias dari gusi ke gigi.

 

4. Menyikat Gigi Bagian Dalam

Menyikat Gigi Bagian Dalam

Lanjutkan dengan menyikat gigi bagian dalam. Arahkan bulu sikat ke bawah, dan sikat gigi dari bawah ke atas sebanyak 10 kali. Ulangi gerakan yang sama untuk gigi atas, dengan bulu sikat menghadap ke atas.

 

5. Menyikat Gigi Bagian Samping

Menyikat Gigi Bagian Samping



Kini saatnya menyikat gigi sebelah kiri dan kanan. Dalam posisi mulut terkatup, sikat memutar dengan lembut dari gigi paling belakang ke depan.

 

6. Menyikat Geraham

Menyikat Geraham

Untuk menyikat permukaan gigi geraham, minta Si Kecil menggerakkan tangannya ke depan dan belakang. Kemudian balik arah bulu sikat gigi ke atas untuk menyikat permukaan geraham atas.

 

7. Berkumur Kembali

Berkumur Kembali

Terakhir, minta Si Kecil untuk melepeh sisa pasta gigi di dalam mulut, kemudian minta ia berkumur 2 kali dengan air matang.

 

4 Tips untuk Menyikat Gigi Anak


  • Menurut IDAI, Moms dapat membantu anak terbiasa untuk membersihkan rongga mulut dengan rutin membersihkan gusinya sejak belum tumbuh gigi. Cara ini juga efektif mengurangi sensitivitas anak (seperti mudah muntah) karena masuknya sikat gigi ke dalam mulut.
  • Menyikat gigi 2 kali sehari sebaiknya dilakukan setelah sarapan dan sebelum tidur, bukan saat mandi pagi dan sore.
  • Agar Si Kecil lebih nyaman dalam menggenggam sikat gigi, pilih sikat gigi dengan gagang yang tebal. Atau Moms bisa membalut gagangnya dengan handuk kecil agar anak lebih mudah menggenggamnya.
  • Jangan lupa beri pujian setelah Si Kecil selesai menyikat giginya dengan benar. (Tiffany/Dok. M&B Indonesia)


BACA JUGA:

Cara Ampuh Biasakan Si Kecil Sikat Gigi

Tips Memilih Sikat Gigi yang Tepat Untuk Anak

7 Tips Ampuh Merawat Gigi Anak

 



Tags: sikat_gigi,   anak,   balita,   tips,