Mother&Baby Indonesia
5 Tips Agar Si Kecil Mau Tidur Siang

5 Tips Agar Si Kecil Mau Tidur Siang

 

Memasuki usia balita, waktu tidur Si Kecil mulai berkurang dibanding saat ia masih bayi. Ia akan tidur lebih panjang di malam hari, dan tidur dengan interval lebih pendek di siang hari. Sayangnya, tidak mudah membuat Si Kecil tidur siang. Padahal menurut para ahli, anak-anak membutuhkan tidur siang untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal.

 



“Pada masa balita, anak-anak mengalami pertumbuhan yang pesat baik secara fisik dan layaknya maraton. Jadi Si Kecil membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk mengimbangi kecepatan pertumbuhan tersebut,” ujar Jodi Mindell, Ph.D., asisten profesor psikologi di St. Joseph's University di Philadelphia, seperti dikutip dari Parents.com. Kalau anak Anda susah diajak tidur siang, yuk, coba 5 tips berikut ini.

 

1. Jadwalkan Tidur Siang Si Kecil

Anda harus konsisten saat menidurkan Si Kecil. Pastikan Anda selalu menidurkannya pada jam dan tempat yang sama. Hindari menidurkannya di car seat atau stroller.

 

2. Berikan Waktu Tenang

Jika Si Kecil tidak mengantuk, tidak perlu memaksanya untuk tidur, tetapi pastikan ia tetap mendapatkan waktu untuk beristirahat. Minta Si Kecil untuk berada di atas tempat tidur sambil mendengarkan musik yang lembut atau dongeng dari Anda. Dengan cara itu, ia tetap dapat beristirahat walaupun tidak tidur.

 



3. Cari Jam Tidur yang Tepat

Apabila Si Kecil tidur siang terlalu sore, hal ini dapat mengganggu tidurnya di malam hari. Jika hal itu terjadi, pindahkan jam tidur siangnya secara perlahan, mulai dari 10-15 menit lebih awal. Dalam beberapa minggu, waktu tidur siang Si Kecil akan mencapai waktu yang ideal.

 

4. Jangan Lupakan 'Teman' Tidurnya

Untuk membuatnya lebih mudah tidur, bantu ia menemukan spot tempat tidur yang nyaman dan berikan mainan kesayangannya untuk menemani Si Kecil tidur.

 

5. Disiplinkan Si Kecil

Si Kecil mungkin sudah tidur siang, tetapi ia bangun lagi dan beranjak dari tempat tidurnya. Anda harus mendisiplinkannya dengan membawanya kembali ke tempat tidur. Tidak perlu memarahinya, cukup dengan mengajaknya kembali tidur dengan tenang dan tegas. Selamat mencoba ya, Moms! (Nadia/TW/Dok. M&B)
 



Tags: tidur,   balita,   tumbuh_kembang,   tenang,  








Cover Maret 2020