Mother&Baby Indonesia
Ini Tips Tiga Mami Kece Memilih Mainan Musik untuk Anak

Ini Tips Tiga Mami Kece Memilih Mainan Musik untuk Anak

Agar Si Kecil tumbuh sebagai sosok yang mencintai musik, maka sangat penting untuk mulai mengenalkan musik sejak dini. Salah satunya adalah dengan memberikan aneka mainan musik untuk anak. Butuh tip untuk memilihnya? Simak tips Cisca Beker, Ivy Batuta, dan Ajeng Hendarmin yang tergabung dalam @tigamamikece, dalam memilih mainan musik dan melatih musikalitas anak.

 



Cisca Beker

Apapun mainannya, menurut saya sangat penting untuk memprioritaskan kualitas, mutu, dan keamanan. Selain itu, mainan musik untuk anak juga harus disesuaikan dengan usianya. Bicara soal mainan musik, merek favorit saya adalah Early Learning Centre yang koleksinya cukup lengkap. Mulai dari berbagai mainan bayi yang bisa memutarkan musik, xylophone untuk toddler, sampai perangkat mini drum set untuk anak-anak.

 

Cara Cisca Beker melatih musikalitas anak:

  • Sejak masih bayi, sering mengajaknya bernyanyi.

  • Sering mengajaknya menonton pertunjukan musik dalam bentuk apapun, baik di layar kaca ataupun secara langsung.

  • Biarkan Si Kecil mencoba alat musik sebanyak mungkin, agar ia tahu mana instrumen yang paling ia sukai.

  • Kalau sudah jelas Si Kecil memiliki minat dan bakat musik, maka lebih baik gali talenta lebih dalam dengan mengikuti kursus atau bergabung dalam suatu perkumpulan musik.

 

 

Ajeng Hendarmin

Pengenalan pertama anak-anak saya terhadap musik adalah melalui playmat dengan audio. Bahkan saat Mika masih bayi dan baru bisa tengkurap, dia sudah langsung seolah bermain piano. Ia terlihat antusias dengan piano, maka di usia 3 tahun Mika mulai ikut kursus piano dan bernyanyi. Sementara Milan baru saya kenalkan musik di usia 1 tahun, lewat buku cerita dengan audio. Milan sangat senang melihat gambar alat musik dan langsung bisa mengenali suaranya, lho! Musik memberi warna bagi hubungan kakak-adik, bahkan sekarang mereka kompak dan senang berduet menyanyikan lagu dari film favorit mereka Moana.

 



Cara Ajeng Hendarmin melatih musikalitas anak:

  • Mengenalkan mainan musik dan audio book sejak dini.

  • Mengikutsertakan anak kursus musik.

  • Mengajak Si Kecil bernyanyi bersama.

 

 

Ivy Batuta

Mainan musik anak saya sangat banyak, karena sejak kecil mereka sudah suka mainan musik. Haha. Mungkin karena saya dan suami memang senang sekali musik dan lagu, sehingga kami tanpa sengaja hampir selalu memberikan mainan musik untuk Si Kecil. Mulai dari kids drum, wooden xylophone, wooden maracas, melodica, angklung, gitar anak, dan harmonica teether. Ada juga mainan lain yang berhubungan dengan musik, seperti boneka binatang yang bisa bernyanyi, mainan telepon yang bisa menghasilkan lagu, dan berbagai audio book.

 

Cara Ivy Batuta melatih musikalitas anak:

  • Memperkenalkan musik dan lagu sejak dini, khususnya lewat mainan.

  • Tidak ada batasan kapan harus dimulai, bahkan sejak masih dalam kandungan.

  • Perkenalkan berbagai instrumen musik untuk menstimulasi perkembangannya.

  • Jangan khawatir kalau anak belum tertarik dengan alat musik. One day, they will! (Tiffany/Dok. Instagram @tigamamikece)



Tags: selebriti,   tips,   musik,   minat,   anak,   balita,   bakat










Cover Mei-Juni-Juli 2020