Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 29 September 2017 / Redaksi

Aturan Terbaru dalam MPASI

Pemberian makanan pendamping ASI atau MPASI yang disarankan oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO adalah ketika bayi tepat berusia 6 bulan hingga 18-24 bulan. Pada usia tersebut, ASI saja tidak cukup untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh bayi.

 

Sekitar 3 tahun lalu, pemebrian MPASI bermacam-macam, ada orang tua yang memberikan buah terlebih dahulu. Dan buah tersebut diberikan selama 3 hari untuk melihat reaksi alergi dalam tubuh bayi. Namun, ternyata sekarang muncul metode lain untuk memberikan MPASI.

 

“Sudah harus mengandung unsur 4 bintang. Terdiri dari karbohidrat, protein nabati, protein hewani, dan sayur. Untuk sayur, tidak harus nasi, bisa kentang ataupun roti. Dengan kualitas makanan yang baik, maka anak menjadi sehat sehingga sistem imunitasnya bagus,” ujar dr Margareta Komalasari Sp.A dari RS Brawijaya Women & Children Hospital yang ditemui di Mother&Baby Fair.

 

Selain itu, MPASI juga harus mengandung mikronutrien dan makronutrien lho, Moms. “Kualitas makanan yang baik, harus mengandung makro dan mikronutrien yang baik bagi tubuh,” tambah dr. Margareta.

 

Mikronutrien terdiri dari, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan lain-lain. Sedangkan makronutrien terdiri dari karbohidrat, protein, mineral dan lainnya. (Seva/TW/Dok. Freepik)







RELATED ARTICLE

Mengenalkan Uang Kepada Anak

5 Langkah Mengajarkan Si Kecil Buang Air Sendiri

Yuk, Stimulasi Kecerdasan Interpersonal Anak!




OTHER ARTICLES

Tips Menghadapi Balita yang Agresif

Penuh Kebutuhan Vitamin D dengan Makanan Ini

Tips Negosiasi Gaji bagi Ibu Milenial

Inspirasi Bisnis Menjelang Natal

5 Tips agar Anak Semangat Minum Susu