Mother&Baby Indonesia
Mengenalkan Uang Kepada Anak

Mengenalkan Uang Kepada Anak

Hampir seluruh aspek kehidupan berkaitan dengan uang. Karena itu, kemampuan dalam mengelola keuangan sangat penting untuk diajarkan pada Si Kecil sejak dini.

 

Banyak dampak positif ketika mengenalkan uang kepada anak. Antara lain ia jadi lebih mengerti cara mengelola keuangan dan menanamkan sifat hemat. Anda dapat mulai mengenalkannya dari hal yang sederhana hingga ke hal yang lebih kompleks dengan cara berikut ini.



 

1. Mengenalkan konsep uang
Jelaskan arti dan nilai uang dari yang kecil hingga besar, sehingga anak tidak berpikir bahwa semua uang itu sama. Perkenalkan juga uang dalam bentuk fisik, berupa kertas dan logam. Perlu diingatkan bahwa uang bukan untuk mainan agar ia tidak menyalahgunakannya.

 

2. Memberikan uang saku
Tidak ada salahnya memberikan uang saku kepada Si Kecil saat ia menginjak bangku sekolah. Berikan uang secukupnya agar tidak menimbulkan sifat boros.



 

3. Ajarkan anak untuk menabung
Kenalkan dengan kegiatan menabung agar ia belajar pola hidup hemat. Ia dapat belajar menabung dari sisa uang jajannya. Bila perlu, belikan celengan dengan desain lucu untuk memotivasi Si Kecil.

 


Ingin mengetahui lebih banyak cara mengenalkan uang kepada anak? Simak informasi selanjutnya di Mother&Baby edisi September 2017! (Claudia Carla/Seva/TW/Dok. freepik)



Tags: uang,   anak,   menabung,   keuangan










Cover Mei-Juni-Juli 2020