Mother&Baby Indonesia
Ingin Sepatu Si Kecil Nyaman? Simak Trik Berikut!

Ingin Sepatu Si Kecil Nyaman? Simak Trik Berikut!

Sepatu menjadi salah satu barang wajib punya, ketika Si Kecil sudah bisa berjalan. Namun, Anda jangan sembarangan memilih sepatu untuk Si Kecil, karena akan berdampak serius pada pertumbuhan kakinya. Berikut tips memilih sepatu untuk Si Kecil:

 

1. Hindari Online Shop
Bila ini merupakan sepatu pertama untuk Si Kecil, pastikan jangan membelinya di online shop. Si Kecil perlu mencoba sepatunya, merasakan kenyamanan saat digunakan, sehingga akan lebih baik bila Anda pergi ke toko sepatu anak.



 

2. Bahan Nyaman
Pilihlah bahan yang berpori dan fleksibel saat digunakan. Sepatu yang menggunakan bahan karet atau plastik cenderung membuat kaki Si Kecil menjadi kaku dan mudah berkeringat. Bahan kanvas dapat menjadi pilihan yang baik untuk Si Kecil, karena selain tidak mudah membuatnya berkeringat, kanvas juga sangat ringan dan fleksibel.

 

3. Gunakan Kaus Kaki
Saat Anda meminta Si Kecil untuk mencobanya, gunakan kaus kaki juga ya, Moms. Cara ini efektif membuat Si Kecil dapat merasakan kenyamanan saat menggunakan kaos kaki, ataupun tidak.

 



4. Berjalan
Ajak Si Kecil berjalan, tanyakan apakah kakinya sakit atau tidak. Anda tidak dapat mengerti secara pasti sepatunya nyaman tanpa Anda menanyakan hal tersebut. Coba juga untuk menekan ujung sepatu saat Si Kecil memakainya. Bila Anda merasa jempol kakinya menempel pada bahan sepatu, maka sebaiknya carilah sepatu dengan ukuran lebih besar.

 

Sepatu yang terlalu sempit tentu tidak akan nyaman dipakai Si Kecil. Lagi pula, akan lebih boros karena hanya dipakai beberapa minggu saja. Sebaliknya, sepatu yang terlalu besar juga tidak baik. Sepatunya bisa mudah terlepas dan terkadang membuat Si kecil mudah tersandung. Jadi, pastikan ukuran sepatunya pas dengan kaki anak ya, Moms.

 

5. Sol Sepatu
Pilihlah sol sepatu yang tidak mudah membuat Si Kecil terpeleset. Si Kecil yang baru bisa berjalan tentunya belum memiliki reflek yang sempurna. Ketika anak berlari menggunakan sol sepatu yang licin, maka ia akan mudah terjatuh. (Seva/TW/Dok. Freepik)



Tags: sepatu,   balita,   bayi,   anak,   cara










Cover April 2020