Mother&Baby Indonesia
Inilah 4 Keunggulan Utama ASI Dibanding Susu Formula

Inilah 4 Keunggulan Utama ASI Dibanding Susu Formula

Moms, menyusui sudah terbukti memberikan manfaat yang besar baik bagi bayi maupun ibu. Oleh karena itu, World Health Organization (WHO) merekomendasikan agar setiap ibu memberikan ASI ekslusif kepada bayinya selama 6 bulan. Kenapa sih pemberian ASI lewat menyusui itu sangat penting dilakukan? Nah, dikutip dari Theguardian.com, ternyata pemberian ASI memengaruhi semua aspek kehidupan bayi, tidak hanya saat kecil tetapi berlanjut hingga dewasa nantinya. Inilah manfaat-manfaat itu!

 

1) Pemberian ASI tidak hanya menyangkut kesehatan seorang bayi saja, namun kesehatan semua bayi di dunia. Menyusui membuat orang-orang di dunia jadi lebih sehat, cerdas dan setara, karena menjaga dari serangan infeksi. Sudah terbukti kalau menyusui dapat mengurangi 12 persen risiko kematian bayi di negara-negara miskin dan berkembang.



 

2) Bayi yang disusui kecil kemungkinan mengalami sindrom kematian mendadak (SIDS) atau cot death. Selain itu, ASI dapat melindungi bayi dari nencrotising enterocilitis, berupa gangguan usus parah yang bisa merenggut nyawa, diare, infeksi saluran pernapasan dan otitis media.

 

3) Yang menarik, menyusui juga dapat menghindarkan bayi dari kegemukan atau obesitas di kemudian hari, juga diabetes tipe 2.



 

4) Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat meningkatkan IQ anak 3,4 poin lebih tinggi daripada anak yang tidak pernah disusui.

 

Nah, dengan fakta tersebut di atas, yuk selalu upayakan untuk memberikan ASI ekslusif kepada Si Kecil ya, Moms! (Meiskhe/HH/dok.TheGuardian)



Tags: bayi,   asi,   menyusui,   anak,   manfaat,   otak,   fisik,   penyakit,   sehat,   gizi,   makanan,   obesitas








Cover Maret 2020