Mother&Baby Indonesia
5 Cara Mudah Atasi Depresi Pasca Melahirkan

5 Cara Mudah Atasi Depresi Pasca Melahirkan

Moms, apakah Anda pernah merasakan stres atau depresi yang berkepanjangan setelah melahirkan Si Kecil? Bisa jadi yang Anda alami itu adalah postnatal depression (PND) atau depresi pasca melahirkan. Depresi pasca melahirkan biasanya dialami ibu baru karena tubuh dan mentalnya belum menerima perubahan yang ada. Selain status ibu baru, depresi juga disebabkan oleh masalah seperti keuangan dan hubungan.

 

Tanda-tanda PND berbeda bagi setiap ibu, namun umumnya bisa terlihat jika Anda mengalami perasaan sedih, tidak tertarik dengan apapun, sangat lelah dan tanpa energi, putus asa, rasa bersalah, kurang nafsu makan, sedih, serta cemas. PND biasanya terjadi dalam beberapa bulan pertama setelah melahirkan terutama dalam 5 minggu pertama. Nah, untuk mengatasi depresi yang Anda rasakan ini, maka lakukan beberapa hal berikut ini:



 

1) Beristirahat lebih Banyak

Cobalah beristirahat saat bayi Anda sedang tidur. Tinggalkan rutinitas yang menguras pikiran dan tenaga. Atau Anda bisa bersantai dengan mendengarkan musik untuk menenangkan pikiran.


2) Diet Seimbang

Jangan membiarkan diri kelaparan dalam waktu yang panjang untuk menghindari penurunan pada kadar gula darah. Makanan adalah sumber energi dan kekebalan tubuh sehingga mencegah  tubuh merasakan lelah.

 



3) Berolahraga
Jangan hanya duduk diam. Coba keluar rumah dan bawa bayi Anda berjalan-jalan. Anda juga bisa mengambil kelas yoga dan pilates.


4) Berbagi Masalah

Jika Anda terkena PND kemungkinan Anda merasakan sendirian. Cobalah untuk bergabung dengan grup ibu akan membantu Anda untuk lebih terbuka.

 

5) Merawat Diri

Sangat penting bagi Anda untuk menghargai diri Anda sendiri. Jangan membebani diri Anda dengan tugas-tugas yang tidak penting. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: persalinan,   depresi,   stres,   tekanan,   baby_blues,   sedih. pulih,   cara,   trik,   masalah,   berbagai,   proble










Cover Mei-Juni-Juli 2020