Mother&Baby Indonesia
Cara Tepat Memulihkan Bekas Luka Caesar

Cara Tepat Memulihkan Bekas Luka Caesar

Moms yang melakukan persalinan secara caesar, biasanya merasa khawatir dengan bekas luka yang ditimbulkan. Jangan risau, karena ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk membuat lukanya cepat pulih.

 

Persalinan caesar dilakukan dengan sayatan horizontal di dekat garis rambut kemaluan, sekitar 10 – 15 cm. Posisi sayatan yang berada di perut bagian bawah, membuat bekas luka sayatan biasanya tidak akan terlihat. Ketika lukanya masih tergolong baru, sekitar 2 minggu usai operasi, dokter akan mewanti-wanti Anda untuk tidak mengangkat barang yang lebih berat dari bayi. Hindari membungkuk, memutar badan, atau membuat gerakan tiba-tiba. Tujuannya agar tidak mengganggu proses pemulihan luka pasca-operasi caesar.



 

Awalnya, mungkin akan terlihat kemerahan atau merah muda selama beberapa bulan. Tetapi pada akhirnya bekas luka akan memudar dan menimbulkan garis tipis. Moms perlu waspada bila ada tanda-tanda seperti, kemerahan atau bengkak di bagian operasi caesar atau sekitarnya, mengalami demam, keluar cairan dari bekas luka jahitan. Segera hubungi dokter bila mengalami hal tersebut.

 

Bekas luka pada operasi caesar bisa saja tidak pulih seperti yang Moms pikirkan. Tenang, karena menurut American Society of Plastic Surgeons, ada beberapa pilihan yang dapat memperbaiki tampilannya:

 



a. Terapi Laser
Sejumlah teknik laser bisa menghilangkan diskolorasi, sementara teknik lainnya membantu melunakkan teksturnya. Moms bisa memulai perawatan ini begitu jahitan sudah dilepas dan dokter membolehkan Anda melakukan prosedur ini. Minta saran dokter kandungan, kulit, dan bedah plastik sebelum melakukan prosedur tersebut.

 

b. Suntikan Steroid
Menurut dr. Azen Salim, Sp-OG-KFM konsultan fetomaternal dari RS Pondok Indah, Jakarta, bekas luka yang kemudian menjadi keloid dapat diatasi dengan suntikan steroid. Suntikan ini bekerja jangka panjang dan dapat mengurangi peradangan dan membantu mengempiskan bekas luka.

 

Ingin mengetahui info lebih lanjut untuk memulihkan bekas luka caesar? Baca informasi selanjutnya di Mother&Baby edisi Agustsu 2017! (Diana/Seva/HH/Dok. freepik)

 



Tags: caesar,   luka,   bekas,   operasi,   pemulihan








Cover Maret 2020