Mother&Baby Indonesia
4 Hal yang Dirasakan Ibu Pasca Keguguran

4 Hal yang Dirasakan Ibu Pasca Keguguran

Mengalami keguguran atau kepergian Si Kecil untuk selamanya tentu membuat Anda shock. Anda juga akan begitu sedih jika Si Kecil "pergi" dan merasa kehilangan. Banyak orang yang mengalami reaksi beragam atas kehilangan orang yang ia cintai. Tapi ingat, masih panjang jalan di depan sana yang harus Anda lewati sambil berjalan menuju pemulihan kejiwaan, Moms. Inilah tahapan yang terjadi saat Anda ditinggalkan Si Kecil:

 

1. Syok dan penyangkalan.



Akan ada perasaan tidak percaya di dalam diri Anda. Ini merupakan tahapan awal dari mekanisme mental yang dirancang untuk melindung jiwa Anda dari trauma psikologis akibat kehilangan sesuatu yang Anda cintai.

 

2. Perasaan bersalah dan marah.

Anda mungkin akan menyalahkan diri sendiri atau pihak lain. Tetapi ingat Moms, Anda pun tidak dapat berbuat apa-apa lagi demi mendapatkan Si Kecil.

 



3. Depresi dan putus asa. 

Kesedihan yang sangat dalam atau menangis sepanjang waktu, tidak mau makan, atau tidak mau tidur hingga tak tertarik untuk apa pun dalam kehidupan sehari-hari bisa terjadi pada Anda. Tahapan ini wajar terjadi dan Anda tentu memerlukan waktu untuk menenangkan diri. Tapi, janganlah terlalu berlarut-larut ya, Moms. Anda tentu ingat peribahasa bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

 

4. Penerimaan.

Hingga pada akhirnya Anda harus dapat menerima semua itu, Anda akan dapat berdamai dengan kehilangan yang Anda alami. Hak ini tidak berarti bahwa Anda dapat melupakannya, tetapi jika Anda sudah sampai pada tahap ini, Anda adalah ibu yang hebat! Dengan mampu mengikhlaskannya, Anda sudah mampu menjalani kehidupan seperti biasa. (Meiskhe/HH/Dok.Freepik)



Tags: kehamilan,   keguguran,   penyakit,   meninggal,   kehilangan,   bayi,   janin,   anak,   rahim,   masalah








Cover Januari - Februari 2020