Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 11 Agustus 2017 / Redaksi

Cara Tepat Menangani Mata Lengket pada Bayi

Cara Tepat Menangani Mata Lengket pada Bayi

Moms, beberapa hari setelah lahir, sebagian bayi akan mengeluarkan cairan dari salah satu atau kedua matanya. Akibatnya, kelopak matanya menempel saat bangun tidur. Apabila Si Kecil sering mengalami ini, bawalah ia ke dokter untuk diperiksa. Namun, umumnya mata lengket pada bayi tidak disebabkan oleh konjungtivitis, yaitu infeksi mata yang bisa ditularkan pada mata orang lain. Kondisi ini paling mungkin disebabkan oleh kelenjar air mata yang tersumbat.

 

Perlu kita tahu Moms, kelenjar air mata berupa saluran kecil di sudut mata yang berfungsi mengumpulkan air mata, yang terus diproduksi untuk menjaga kelembapan mata, dan meneruskannya ke saluran hidung. Pada bayi baru lahir, saluran ini bisa tersumbat pada bagian dasar, membentuk  tempat yang lembap dan menjadi tempat perkembangbiakan kuman. Hal itulah yang menyebabkan keluarnya cairan.

 

Saluran air mata yang tersumbat sebenarnya tidak memerlukan perawatan khusus karena akan hilang dengan sendirinya. Apabila ternyata bayi masih mengalami sumbatan pada saluran air mata saat usia 6 bulan, segera bawa ke spesialis mata untuk diperiksa.

 

Sambil menunggu saluran air mata Si Kecil tidak tersumbat lagi, Anda dapat membersihkan matanya dengan selembar kapas yang dicelupkan ke dalam air matang yang sudah didinginkan. Usap mata dari tepi luar ke bagian ujungnya dan gunakan kapas bersih untuk setiap mata. Bila perlu, dokter mungkin akan memberikan obat tetes antibiotik untuk mata bayi. Memang tidak akan menyembuhkan kondisi ini, tetapi membatasi kelengketan, sampai menunggu tubuh yang akan membersihkan sendiri sumbatan tersebut. (Meiskhe/HH/dok/Freepik)

loading...
loading...





RELATED ARTICLE

5 Makanan yang Mengandung Folat, Penting bagi Ibu Hamil

7 Faktor Penyebab Wanita Sulit Hamil

Apakah Janin dalam Rahim dapat Mendengar Suara Anda?




OTHER ARTICLES

Kehamilan Membuat Mata Lebih Kering? Ini Penjelasannya

8 Tips Menjemur Bayi

Tips Meningkatkan Semangat Belajar Anak

10 Fakta Wajib Tahu tentang Orgasme!

Tantrum Adalah Hal yang Baik! Ini 10 Alasannya