Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 10 Agustus 2017 / Redaksi

5 Cara Tepat Merawat Organ Intim Saat Anda Hamil

 5 Cara Tepat Merawat Organ Intim Saat Anda Hamil

 

 

Moms, salah satu area tubuh penting yang kadang luput dari perhatian adalah organ kewanitaan. Ya, organ kewanitaan merupakan salah satu daerah sensitif terutama saat Anda hamil. Sehingga, perawatannya juga tidak boleh sembarangan. Nah, berikut ini Moms tips merawat organ kewanitaan:

 

1. Basuh daerah kewanitaan dari depan ke belakang
Basuhlah organ kewanitaan Anda dari depan ke arah belakang atau anus. Tujuannya untuk menghindari penyebaran kuman dan bakteri yang biasanya berkumpul di daerah anus ke organ kewanitaan yang sensitif.

 

2. Pastikan bersih dan bebas lembap
Organ kewanitaan yang terlalu lembap dapat memicu perkembangan bakteri dan bau yang tidak sedap. Gunakan celana dalam berbahan nyaman dan dapat menyerap keringat, seperti katun.

 

3. Hindari menyemprot parfum di daerah kewanitaan
Memang tidak nyaman rasanya jika organ kewanitaan berbau tidak sedap. Namun, menyemprotkan parfum justru akan menambah masalah bau. Anda dapat membawa celana dalam extra untuk mengganti bila celana yang sebelumnya sudah tidak nyaman digunakan.

 

4. Hindari penggunaan pembersih organ kewanitaan
Sekarang, banyak pembersih organ kewanitaan yang dijual dipasaran. Namun, sebaiknya tetap gunakan air bersih untuk membersihkan organ kewanitaan Anda. 

 

5. Cukup minum
Menjaga kecukupan konsumsi air sebanyak 3 liter per hari bagi ibu hamil, dapat menjaga organ kewanitaan. Bila Anda kurang mengonsumsi air, dapat membuat organ kewanitaan semakin sensitif. (Seva/HH/Dok. freepik)

loading...
loading...





RELATED ARTICLE

5 Makanan yang Mengandung Folat, Penting bagi Ibu Hamil

5 Tips Menjalani Kehamilan Tanpa Didampingi Suami

7 Faktor Penyebab Wanita Sulit Hamil




OTHER ARTICLES

Kehamilan Membuat Mata Lebih Kering? Ini Penjelasannya

8 Tips Menjemur Bayi

Tips Meningkatkan Semangat Belajar Anak

10 Fakta Wajib Tahu tentang Orgasme!

Tantrum Adalah Hal yang Baik! Ini 10 Alasannya