Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 9 Agustus 2017 / Redaksi

5 Tips Menjalani Kehamilan Tanpa Didampingi Suami

5 Tips Menjalani Kehamilan Tanpa Didampingi Suami

Suami sebaiknya memang mendampingi istri selama hamil. Namun, tidak sedikit ibu hamil yang menjalani kehamilan tanpa kehadiran suami, misalnya karena sedang menjalani dinas di luar kota dalam rentang waktu tertentu. Nah, meski tanpa kehadiran suami, Moms harus tetap mengusahakan kehamilan agar berjalan dengan baik dan lancar. Beberapa tips berikut semoga dapat membantu Moms:

 

1) Dapatkan Dukungan dari Keluarga dan Sahabat

Meski suami berada di tempat jauh, namun tidak berarti Anda benar-benar sendiri. Dukungan dan bantuan bisa didapatkan dari keluarga, sahabat yang menyayangi Anda ataupun tetangga. Jadi, Anda tak perlu sungkan-sungkan untuk meminta pertolongan mereka, terutama bila menyangkut kondisi kesehatan Anda serta dukungan emosional.

 

2) Bergabung dengan Support Group

Ayo cari tahu mengenai komunitas atau support group di kota Anda. Terutama yang anggotanya pernah memiliki pengalaman berjuang sendiri menjalani kehamilannya. Kisahnya mungkin bisa menginspirasi Anda untuk tetap kuat menjalani kehamilan, meski tanpa didampingi suami setiap saat. 

 

3) Tetap Percaya Diri

Anda pasti bisa kok melewati kehamilan meski terpisahkan ruang dan waktu dengan suami. Karena itu percaya dirilah, bahwa Anda bisa melewati semuanya dengan lancar dan sehat.

 

4) Minta Bantuan Keluarga atau Sahabat Mengantar Anda untuk Kontrol

Jangan malu untuk minta ditemani keluarga ataupun sahabat dekat saat akan kontrol kehamilan ke dokter. Anda pasti lebih nyaman bila ditemani daripada pergi sendiri.

 

5) Hindari Stres

Mungkin Anda merasa sedih karena harus menjalani kehamilan sendirian. Namun, jangan sampai kesedihan itu berlarut-larut dan berubah menjadi stres ataupun depresi ya, Moms. Cobalah lakukan hal-hal menyenangkan selama kehamilan, seperti berkumpul bersama teman untuk ikut arisan, lebih banyak meluangkan waktu bersama keluarga, jalan-jalan serta jangan lupa melakukan latihan relaksasi untuk mengurangi stres yang dirasakan. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)

loading...
loading...





RELATED ARTICLE

7 Faktor Penyebab Wanita Sulit Hamil

3 Cara Membedakan Perdarahan Implantasi dan Menstruasi

Cara Jitu Mengatasi Heartburn Saat Hamil




OTHER ARTICLES

Kehamilan Membuat Mata Lebih Kering? Ini Penjelasannya

8 Tips Menjemur Bayi

Tips Meningkatkan Semangat Belajar Anak

10 Fakta Wajib Tahu tentang Orgasme!

Tantrum Adalah Hal yang Baik! Ini 10 Alasannya