Mother&Baby Indonesia
3 Cara Membedakan Perdarahan Implantasi dan Menstruasi

3 Cara Membedakan Perdarahan Implantasi dan Menstruasi

Moms, ada banyak cara untuk mengetahui kalau diri sedang hamil. Salah satunya adalah dengan mengetahui gejalanya yaitu muncul perdarahan implantasi. Sayangnya tidak semua orang jeli dalam membedakan bercak darah yang keluar, apakah itu perdarahan implantasi atau menstruasi. Soalnya, gejala PMS dan gejala kehamilan hampir mirip, misalnya  kram, kembung dan perubahan mood. Selain itu, perdarahan implantasi berlangsung hampir berdekatan dengan waktu menstruasi.

 

Lantas bagaimana membedakannya ya Moms?



1) Waktu

Menstruasi biasanya terjadi selama 3 sampai 7 hari. Sementara, perdarahan implantasi terjadi selama 1 hingga 2 hari. Misalnya, saat ini ada bercak, beberapa jam kemudian tidak muncul lagi. Kadang muncul pada pagi hari, lalu berheti dan muncul lagi di sore hari.

 

2) Warna



Perdarahan implantasi umumnya berwarna cokelat dan pink. Sementara, menstruasi berwarna merah agak gelap dan kadang terang.

 

3) Aliran perdarahan

Aliran perdarahan implantasi terjadi ringan dan tidak bertambah deras. Berbeda dengan menstruasi yang alirannya deras di awal, lalu semakin berkurang di hari-hari berikutnya. (Meiskhe/HH//dok.M&B UK)



Tags: kehamilan,   tanda,   gejala,   darah,   perdarahan,   kuantitas,   aliran,   mual,   muntah,   kram,   hamil










Cover April 2020