Mother&Baby Indonesia
Yuk, Ketahui Kandungan Gizi Berdasarkan Warna Makanan!

Yuk, Ketahui Kandungan Gizi Berdasarkan Warna Makanan!

Moms, bahan makanan yang bervariasi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi Anda sekeluarga. Nah, tahukah Anda bahwa warna makanan menandakan kandungan dan manfaat masing-masing bahan makanan? Setiap warna menunjukkan keberadaan senyawa fitokimia tertentu yang terdapat pada berbagai tumbuhan. Warna-warni itu bisa didapat dari berbagai makanan nabati seperti, hijau, biru, merah, kuning, dan putih. Warna tersebut berasal dari pigmen yang dapat mencegah berbagai penyakit.

Yuk, mari kita lihat beberapa manfaat sumber makanan berdasarkan warnanya:

 



a. Kuning
Mangga, pisang, pir, semangka kuning, lemon, markisa, belimbing, labu parang, jagung manis, hingga ubi kuning adalah beberapa makanan yang mengandung warna kuning. Bahan makanan tersebut mengandung antioksidan yang mampu membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Terdapat juga kandungan lutein dan zeaxanthin yang membantu melindungi mata dari kerusakan, terutama pada bayi dan anak. Pada umumnya, sumber makanan yang berwarna kuning memiliki kalium yang baik untuk memperlancar pengiriman oksigen ke otak.

 

b. Merah
Strawberry, apel, tomat, semangka, cherry, jambu biji, delima, pepaya, bawang merah, bit, bayam merah, merupakan contoh sumber makanan yang berwarna merah. Makanan berwarna merah ini mengandung vitamin E yang berfungsi melindungi kerusakan sel-sel tubuh, meningkatkan regenerasi sel-sel kulit serta mencegah kerusakan serabut kolagen.

 



c. Hijau
Kandungan klorofil dalam makanan berwarna hijau mampu melepas racun dari hati dan aliran darah, membantu memproduksi sel darah merah, penguat otak, dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan asam folat di dalamnya berguna mencegah anemia pada anak. Jangan lupa Moms untuk menambahkan menu berdaun hijau seperti brokoli, bayam, kacang polong, daun katuk, daun selada, buncis, sawi, kiwi, melon dan masih banyak lagi.

 

d. Jingga
Makanan yang berwarna jingga merupakan sumber vitamin C yang dibutuhkan dalam berbagai proses penting seperti, pembuatan kolagen, pengangkutan lemak, membuat gusi sehat, meningkatkan daya tahan tubuh, serta meningkatkan fungsi otak untuk bekerja maksimal. Anda dapat menemui makanan berwarna jingga pada wortel, pepaya, dan labu kuning.

Nah, selama mengonsumsi makanan berwarna-warni dan menyehatkan ya Moms! (Seva/HH/Dok. freepik)

 



Tags: makanan,   sehat,   kesehatan








Cover Januari - Februari 2020