Mother&Baby Indonesia
Latihan Yoga Rutin Dapat Mengobati Stres

Latihan Yoga Rutin Dapat Mengobati Stres

Para ilmuwan percaya bahwa kombinasi latihan dan meditasi dalam yoga dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, mood rendah dan meningkatkan rasa percaya diri. “Yoga menjadi semakin populer dan banyak praktisi yoga mengatakan, stres yang berkurang dan masalah kesehatan mental lainnya sebagai alasan utama mereka untuk berlatih yoga,” ujar Dr Lindsey Hopkins, dari San Francisco Veterans Affairs Medical Center, yang dilansir melalui dailymail.co.uk.

 

Penelitian dari American Psychological Association menemukan bahwa laki-laki yang mengikuti kelas yoga 2 kali dalam seminggu selama 8 minggu, ternyata tingkat depresinya menurun. Sebuah penelitian lain di Massachusetts General Hospital terhadap 29 orang dewasa juga menemukan bahwa kelas yoga Bikram setidaknya dua kali seminggu selama delapan minggu secara signifikan mengurangi gejala depresi dan meningkatkan kualitas hidup, optimisme, fungsi mental dan kemampuan fisik.



 

"Semakin banyak peserta menghadiri kelas yoga, semakin rendah gejala depresi mereka,” ujar Dr Maren Nyer, rekan penulis penelitian ini. Sebuah studi yang dipimpin oleh Dr Nina Vollbehr dari Center for Integrative Psychiatry di Belanda, menemukan bahwa yoga dapat digunakan untuk mengobati orang-orang dengan depresi ketika cara pengobatan yang lain gagal.



 

Nah, sebelum Anda merasa stres karena kesibukan pekerjaan kantor, ada baiknya mengambil kelas yoga saat weekend. (Seva/HH/Dok. freepik)



Tags: yoga,   olahraga,   senam,   badan,   tubuh,   sehat








Cover Maret 2020