Kehamilan & Persalinan - Kesuburan / 4 Agustus 2017 / Redaksi

Makanan yang Perlu Dikonsumsi saat Hamil Trimester Dua

Makanan yang Perlu Dikonsumsi saat Hamil Trimester Dua

Moms, usia kehamilan berapa minggukah saat ini? Nah, pada trimester kedua (atau sekitar 14-28 minggu), bisa menjadi salah satu trimester yang Anda sukai. Pasalnya, pada masa tersebut Anda tidak lagi merasa mual, mulai menyukai tendangan janin yang tak pernah diduga datangnya, hingga bebas mengonsumsi makanan yang Anda sukai.

Nah, berbicara mengenai bebas mengonsumsi makanan yang Anda sukai, pastinya dalam benak Anda mulai terbayang, menu apa saja yang akan dimakan saat weekend nanti. Faktanya, Anda tetap harus memantau nutrisi yang terkandung dalam setiap makanan.

 

Berikut Moms beberapa makanan yang cocok untuk ibu hamil pada trimester kedua:

1. Camilan
Anda memerlukan tambahan 200-300 kalori setiap hari untuk mendukung pertumbuhan janin. Tapi bukan berarti Anda boleh makan es krim yang sangat banyak sebelum tidur, ya. Anda dapat menjadikan keju, yogurt, sepotong roti gandum, hingga avokad sebagai camilan.

 

2. Waspada Berat Badan
Usia 14-28 minggu memang saat yang tepat untuk menyantap makanan yang tidak sempat dimakan saat trimester pertama. Namun, Anda harus tetap memerhatikan berat badan. Kenapa? karena kenaikan berat badan yang sangat cepat, bisa berakibat buruk pada kesehatan Anda dan janin. Zat besi dan kalsium tetap menjadi salah satu asupan yang harus ada dalam piring makan Anda.

 

3. Kalsium
Janin membutuhkan kalsium. Pastikan juga Anda menikmati setidaknya 3 porsi makanan kaya kalsium setiap hari. Susu, yoghurt dan keju adalah sumber yang baik. Bila tidak menyukai susu, Anda dapat menggantinya dengan susu kedelai.

 

3. Omega 3
Asupan lemak omega 3 yang tinggi ternyata dapat menurunkan risiko alergi pada bayi. Sumber makanan terkaya dari lemak omega 3 meliputi salmon, dan sarden. Kacang kenari, kacang kedelai dan telur, diperkaya merupakan sumber lain yang baik untuk dikonsumsi selama kehamilan berlangsung. (Seva/HH/Dok. freepik)

 

loading...
loading...





RELATED ARTICLE

Ingin Cepat Hamil? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

4 Kebiasaan Buruk yang Membuat Anda Sulit Hamil

8 Hal yang Harus Pasangan Lakukan Agar Cepat Hamil




OTHER ARTICLES

Kehamilan Membuat Mata Lebih Kering? Ini Penjelasannya

8 Tips Menjemur Bayi

Tips Meningkatkan Semangat Belajar Anak

10 Fakta Wajib Tahu tentang Orgasme!

Tantrum Adalah Hal yang Baik! Ini 10 Alasannya