Mother&Baby Indonesia
Saus Tomat Tak Baik untuk Kesehatan Anak, Ini Alasannya

Saus Tomat Tak Baik untuk Kesehatan Anak, Ini Alasannya

Moms, rasanya tak lengkap ya jika menikmati kentang goreng tanpa ditemani saus tomat! Rasanya yang manis dan gurih menyebabkan anak-anak pun doyan dengan saus tomat. Banyak yang mengatakan jika saus tomat baik dikonsumsi karena dibuat dari tomat yang kaya vitamin. Namun, ternyata saus tomat tidaklah sesehat yang kita kira. Oleh karena itu, batasi Si Kecil mengonsumsinya ya, Moms!

 

Nah Moms, berikut alasan kenapa saus tomat tidak sehat:



1) Tinggi Gula

Ternyata dalam sebotol saus tomat mengandung 25% gula, lho Moms! Kadar ini sangat tinggi untuk dikonsumsi anak-anak. Selain itu, anak-anak juga sudah mendapatkan gula dari sumber lain. Maka mengonsumsi saus tomat akan menambah konsumsi kadar gula hariannya.

 

2) Kadar Sodium yang Tinggi



Selain tinggu gula, saus tomat juga tinggi sodium. Keseringan mengonsumsi saus tomat dapat menyebabkan anak kelebihan sodium.  Sodium yang berlebihan dalam darah dapat mengurangi kadar kalsium dalam tubuh sehingga dapat mengancam massa tulang dan kekuatan Si Kecil. 

 

3) High Fructose Corn Syrup (HFCS)

Sirup jagung tinggi fruktosa atau biasa kita kenal dengan high fructose corn syrup (HFCS) merupakan pemanis buatan yang terbuat dari jagung yang telah diproses. Nah, terlalu banyak mengonsumsi zat ini akan membuat anak berisiko alami obesitas dan diabetes. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: kesehatan,   makanan,   nutrisi,   gizi,   gula,   penyakit,   anak,   obesitas,   diabetes










Cover April 2020