Mother&Baby Indonesia
4 Cara Sederhana Ajarkan Makna Kemerdekaan pada Anak

4 Cara Sederhana Ajarkan Makna Kemerdekaan pada Anak

Besok, tepatnya 17 Agustus 2017, kita memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-72 tahun. Meski zaman sudah berubah, namun Moms tetap wajib menyampaikan mengenai makna kemerdekaan kepada Si Kecil. Selain agar Si Kecil makin mencintai tanah airnya sendiri, ia juga bisa menghargai usaha para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Menyampaikan makna kemerdekaan kepada Si Kecil bisa dilakukan dengan mudah, melalui cara-cara sederhana sebagai berikut ini Moms:

 

1) Ajak Si Kecil Memasang Bendera Di Depan Rumah



Saat memasang bendera di depan rumah, jangan lupa libatkan Si Kecil ya, Moms. Beritahukan kalau bendera itu adalah bendera negara di mana ia berada. Lalu, ajak ia bermain dengan menanyakan warna bendera. Jelaskan kepada Si Kecil mengenai arti warna tersebut. Merah berarti berani, putih berarti suci. Jangan lupa, ajarkan Si Kecil menyanyikan lagu Indonesia Raya saat menaikkan bendera, ya!

 

2) Bacakan Cerita tentang Sejarah Kemerdekaan

Sebelum tidur di malam hari, Anda juga bisa mengenalkan tentang sejarah kepada Si Kecil dengan membacakan buku cerita tentang perjuangan merebut kemerdekaan. Atau, Anda bisa membuat cerita kreatif dan menarik dengan gaya bahasa sendiri, untuk menyampaikan tentang perjuangan para pahlawan di masa lampau.

 



3) Ikut Lomba 17 Agustus di Komplek

Setiap 17 Agustus, di sekitar rumah Anda pasti ada perlombaan 17 Agustus yang meriah. Ayo, ajak Si Kecil untuk ikut ya. Kalaupun ia belum bisa mengikut lomba, setidaknya ia juga ikut merasakan kemeriahannya. Si Kecil juga pasti akan senang melihat keriuhan perayaan tersebut.

 

4) Ikut Karnaval

Biasanya di sekolah atau komunitas mengadakan karnaval anak-anak untuk menyambut ulang tahun kemerdekaan. Nah, dorong anak untuk ikut serta dalam karnaval ini. Biarkan ia memilih karakter yang sesuai keinginannya. Nah, melalui karnaval, kepercayaan diri Si Kecil untuk berani tampil bisa semakin diasah. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: keluarga,   anak,   makna,   kemerdekaan,   indonesia,   negara,   perayaan,   ulang_tahun,   perjuangan,   pahlawan