Mother&Baby Indonesia
Imunisasi Campak dan Rubella Sangat Penting untuk Anak

Imunisasi Campak dan Rubella Sangat Penting untuk Anak

Moms, tak perlu khawatir lagi ya bila Si Kecil mendapatkan imunisasi MR (Measles Rubella). Seperti ditegaskan kembali oleh Presiden Joko Widodo bahwa vaksinasi ini sangat penting diberikan kepada anak-anak. Beliau juga mengimbau serta mengajak partisipasi masyarakat agar anak-anak bersedia mendapatkan imunisasi. “Imunisasi MR ini bertujuan untuk melindungi atau memproteksi anak-anak dari berbagai penyakit.”

 

Presiden mengatakan hal tersebut untuk menanggapi berbagai penolakan pemberian imunisasi MR kepada anak-anak. Adapun lembaga yang menolak pemberian vaksinasi ini di antaranya beberapa sekolah berbasis keagamaan di Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman. Pihak sekolah tersebut beralasan, vaksin yang digunakan dalam imunisasi tersebut dinilai haram. Mereka juga menganggap bahwa imunisasi tak perlu diberikan karena setiap manusia sudah memiliki kekebalan tubuh.  



 

Penolakan yang sama juga muncul dari masyarakat di Kabupaten Purwakarta yang menganggap vaksinasi itu haram. Konon, fatwa haram dikeluarkan oleh salah satu tokoh di daerah tersebut beberapa tahun lalu. Terkait isu bahwa imunisasi itu haram, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa fatwa Majelis Ulama Indoneisa (MUI) sudah menyampaikan bahwa ini mubah (dibolehkan). Artinya, juga bahwa vaksinasi ini manfaatnya jauh lebih banyak daripada mudharatnya. Pemerintah menjamin vaksin yang digunakan tidak mengandung bahan yang dilarang agama.

 

Presiden pun meminta para menteri, di antaranya Menteri Kesehatan; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan; Menteri Agama dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk menjelaskan kepada masyarakat akan pentingnya dan amannya pemberian imunisasi ini. Selain itu, penting juga penjelasan tentang dampak yang bisa timbul bila anak-anak tak mendapatkan imunisasi ini, misalnya kebutaan, ketulian, gangguan pada otak dan jantung.



 

Presiden memaklumi adanya reaksi penolak ini karena masyarakat belum paham dan mengerti tentang imunisasi. Selain itu, kampanye dan pelaksanaan imunisasi ini juga baru dimulai sehingga belum banyak juga yang mengetahui mengenai Measles dan Rubella ini serta dampak yang bisa ditimbulkan oleh penyakit ini.

 

Ya, imunisasi MR sangat penting mengingat virus selalu berkembang seiring berubahnya zaman. Imunisasi yang bertujuan mencegah penyakit campak dan rubella ini merupakan program Kementerian Kesehatan yang digelar Agustus 2017 dan September 2017. (Hilman/dok. Freepik.com)

 



Tags: imunisasi,   vaksinasi,   rubella,   campak








Cover Januari - Februari 2020