Mother&Baby Indonesia
5 Trik Mencari Dokter Anak yang Tepat

5 Trik Mencari Dokter Anak yang Tepat

Moms, ketika Si Kecil sakit, siapa yang pertama kali Anda hubungi? Ya, selain keluarga terdekat, salah satu yang tak luput untuk dihubungi adalah dokter. Boleh jadi tak semua dokter dapat dihubungi oleh orangtua pasien setiap saat karena kesibukan dan hal lainnya. Karena itu, Anda perlu memilih dokter anak yang tepat, komunikatif, ramah dan tentunya dapat Anda hubungi setiap saat.

 

Nah, berikut ini Moms 5 langkah yang perlu dipertimbangkan dalam memilih dokter anak yang tepat:




1. Rekomendasi Teman
Sebuah studi dari jurnal Pediatrics menyebutkan, sekitar 20% ibu baru mengungkapkan bahwa mereka tidak menerima saran dari dokter tentang cara menyusui atau menentukan posisi tidur bayi. Ini salah satu pertanda bahwa ibu baru belum menemukan dokter anak yang tepat bagi Si Kecil. Dalam upaya mencari dokter anak, Moms dapat meminta rekomendasi dari teman, kerabat, ataupun saudara. Pilihlah beberapa dokter untuk nantinya dapat Anda seleksi lagi.

 

2. Komunikatif
Saatnya Anda bertemu dengan beberapa calon dokter anak Anda. Ajaklah mengobrol dan berkonsultasi mengenai Si Kecil dan lihat reaksi dokter tersebut. Apakah dokter tersebut menjelaskan dengan tepat atau hanya menjawab singkat saja? Anda memerlukan dokter yang informatif, ramah dan terbuka sehingga bisa mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan Anda, mulai soal tumbuh kembang Si Kecil hingga penyakit yang dialaminya.




3. Akses yang Mudah
Beri penilaian saat Anda bertemu dokter anak untuk menentukan siapa yang paling tepat bagi Si Kecil. Anda juga dapat memerhatikan apakah dokter tersebut memberikan nomor telepon yang dapat dihubungi saat keadaan darurat. Pertimbangkan juga panjangnya antrean dan lokasi praktik. Sebaiknya, Moms memilih dokter yang lokasinya dekat dengan rumah Anda dan mudah diakses.

4. Sesuai dengan Harapan
Bila Anda sudah menemukan dokter yang tepat, pastikan itu sesuai dengan kenyamanan Si Kecil ya, Moms.  Kenyamanan dapat dilihat saat Si Kecil mendapat perawatannya, ruangan yang bersih, serta saat dokter memberikan saran yang baik.


5. Sesuai Budget
Selain dokter yang ramah dan mudah untuk diakses, Anda juga harus mempertimbangkan bujet yang Anda miliki. Anda dapat memastikan dokter anak tersebut praktik di rumah sakit yang bekerja sama dengan asuransi Anda. (Seva/HH/Dok. freepik)



Tags: dokter,   anak,   bayi,  








Cover Januari - Februari 2020