Mother&Baby Indonesia
Ayo, Pakai 5 Kata Positif Ini dalam Membesarkan Anak!

Ayo, Pakai 5 Kata Positif Ini dalam Membesarkan Anak!

Tidak hanya perilaku, ucapan juga sangat penting ketika berkomunikasi dengan anak lho, Moms! Ucapan positif akan membentuk karakter anak menjadi positif pula. Ahli mengemukakan, kata-kata dan kalimat yang diucapkan orangtua pada Si Kecil dapata memengaruhi masa depannya, apakah ia akan tumbuh menjadi anak yang patuh atau malah menjadi pembangkang.

Nah, berikut adalah 5 kata yang wajib Anda pakai saat berkomunikasi dengan anak!

 



1) Jadi...

Kata 'jadi' sangat berguna sekali ketika diucapkan kepada anak. Kenapa? karena kata ini menyiratkan sebuah pujian atau dukungan untuk setiap perkembangan atau kemajuannya. Oleh karena itu, sering-seringlah mengucapkannya kepada Si Kecil, terutama ketika ia melakukan hal yang baik. Contohnya, saat ia menerima pemberian seseorang dan tidak lupa mengucapkan terima kasih. Coba katakan padanya, “Nak, kamu sudah jadi anak baik karena mengingat untuk mengucapkan terima kasih.”

 

2) Berhenti...

Kata stop atau berhenti bisa menjadi senjata ampuh Anda dalam mengalihkan perhatian Si Kecil, lalu tawarkan sesuatu yang lain kepadanya. Misalnya, saat Si Kecil berlari-lari di dalam rumah padahal sudah waktunya tidur siang, Anda bisa mengajaknya segera beristirahat dengan mengatakan, “Bagaimana kalau kita berhenti sejenak dan pergi ke kamar tidur untuk istirahat?”

 

3) Karena...

Si Kecil cenderung suka melakukan sesuatu yang diminta orangtua apabila ia pun tahu akan pentingnya melakukan hal tersebut. Misalnya, saat Anda mengajak Si Kecil membereskan mainan, ungkapkan pula alasan mengapa ia harus membereskan mainannya itu. “Ayo, taruh mainanmu kembali ke dalam keranjang, supaya lantainya bersih dan kamu bisa bebas berjalan dengan leluasa!”



 

4) Ya!

Orangtua sangat mudah mengatakan kata 'tidak' kepada Si Kecil. Saking terbiasanya, orangtua bahkan bisa mengucapkan kata ini setiap saat. Cobalah ubah kebiasaan Anda itu dengan mengganti kata-kata negatif tidak atau jangan dengan 'ya'. Menggunakan kata ya, bukan berarti Anda mengizinkan Si Kecil melakukan semua hal yang ia kehendaki. Ketika Si Kecil meminta untuk bermain-main di taman, hindari membalas permintaannya dengan mengatakan tidak. Tetapi Anda bisa menggantinya dengan ucapan: “Ya, kita bisa ke taman setelah selesai makan siang.”

 

5) Ayo!

Apabila Si Kecil melakukan sesuatu yang membahayakan, misalnya bermain-main dengan guci yang mudah pecah, mungkin Moms akan berseru, “Jangan sentuh gucinya!”  Nah, bisa saja perintah Anda itu tidak berhasil. Bahkan, justru Si Kecil akan tetap menyentuh gucinya. Nah, agar Si Kecil benar-benar tidak menyentuh guci, gunakan kata "mari" atau "ayo' dalam kalimat Anda. “Mari ke sini sayang, biarkan saja gucinya di sana!”

 

Bagaimana Moms, cukup mudah, kan, menggunakan kata positif saat berbicara dengan Si Kecil? Praktikkan dari sekarang ya! (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: balita,   anak,   kata,   komunikasi,   bicara,   bahasa,   sopan,   baik,   etika,   perintah