Mother&Baby Indonesia
Bayi Anda Sudah Bisa Merangkak? Ini Manfaatnya Moms!

Bayi Anda Sudah Bisa Merangkak? Ini Manfaatnya Moms!

Moms, coba perhatikan ketika Si Kecil belajar merangkak. Lucu, ya tingkahnya! Nah, merangkak menjadi salah satu tahap perkembangan yang umumnya dialami bayi sebelum akhirnya ia bisa berjalan. Namun, tidak semua bayi melewati tahapan tersebut. Ada beberapa bayi yang langsung belajar berdiri, mulai merambat, dan akhirnya berjalan. Faktanya, beberapa ahli tumbuh kembang menyebutkan bahwa tahap merangkak inilah sebagai psychological birth karena bayi mulai belajar mengombinasikan gerakan kaki dan tangan secara bersamaan.

 

Nah Moms, berikut beberapa alasan mengapa merangkak sangat penting untuk tumbuh kembang bayi:



1. Perkembangan Fisik


- Motorik Kasar: Banyak anggota tubuh yang bergerak, misalnya kedua tangan dan kaki bahkan boleh dibilang seluruh tubuhnya akan berperan penting dalam melakukan gerakan-gerakan.

- Motorik Halus: Bayi juga akan menggunakan jari-jari tangan dan kakinya untuk merasakan tekstur lantai, karpet, lantai yang basah dan lain-lain. Ini akan merangsang otot halusnya untuk belajar hal-hal baru. Kemampuan otot halus yang sudah dilatih sejak dini sekaligus akan melatihnya sehingga bisa menulis, mengancingkan baju, menggambar dan lain-lain.

 

- Keseimbangan: Merangkak membutuhkan keseimbangan yang juga akan dibutuhkan saat bayi nanti belajar berjalan.

 

- Koordinasi: Bayi yang bergerak merangkak otomatis akan membuat otaknya bekerja keras. Kenapa? karena ia harus mengoordinasikan tangan, kaki, mata, dan panca indera lainnya.

 




2. Belajar Memetakan Area Rumah


Sejak belajar merangkak, bayi akan mulai memetakan area rumah. Ia akan belajar dimana letak kotak mainannya, tempat tidurnya, kamar Anda hingga letak dapur.

 

3. Percaya Diri


Ketika bayi mulai bisa mengontrol kapan ia harus memperlambat langkah ketika merangkak, kapan harus cepat, ataupun berhenti. Ia akan merasa bangga bila berhasil bep brhenti saat Anda hendak lewat di depannya. Keputusan yang ia ambil akan membuatnya semakin percaya diri.

 

4. Kekuatan Fisik
Saat bayi sudah merangkak, ia akan semakin penasaran terhadap benda atau barang apa saja yang berada di atas meja, di dalam lemari, bahkan dalam rak di dapur. Ia akan dengan sekuat tenaga mencoba meraih benda tersebut, bahkan mulai mencoba untuk berdiri. Nah, upaya yang dilakukan Si Kecil ini akan menguatkan otot dalam tubuhnya sebagai  persiapan ketika ia bisa berjalan nanti. (Seva/HH/Dok. freepik)

 



Tags: merangkak,   bayi,   balita,   tumbuh,   kembang