Mother&Baby Indonesia
5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Menjelang Persalinan

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Menjelang Persalinan

Saat hamil, Moms disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan menyehatkan. Begitupun ketika menjelang persalinan, Moms perlu memerhatikan asupan nutrisi yang baik. Kenapa? Karena melahirkan adalah proses yang berat, sehingga ibu memerlukan energi yang datangnya dari makanan dan minuman. Namun, tidak banyak ibu yang mengetahui tentang kebutuhan gizinya saat persalinan.

 

Bahkan ada yang takut untuk makan dan minum menjelang persalinan karena beragam alasan. Alasan tersebut antara lain khawatir mual atau muntah, mengeluarkan feses saat bersalinan dan tidak kuat mengejan karena kekenyangan dan lain-lain. Meski alasan tersebut tidak sepenuhnya salah, namun pada kenyataanya setiap ibu yang menjalani persalinan memerlukan asupan nutrisi dan hidrasi yang cukup agar dapat mendukung persalinan yang lancar. Nah, berikut adalah 5 makanan yang bagus dikonsumsi menjelang persalinan!




1) Buncis

Saat hamil, mungkin Anda mengalami sembelit sehingga membuat kehamilan menjadi tidak nyaman. Agar sembelit tersebut tidak lagi Anda rasakan pada detik-detik menjelang persalinan, ada baiknya konsumsi makanan tinggi serat, salah satunya buncis.

 

2) Daun bawang

Sulit tidur adalah masalah besar pada akhir masa kehamilan. Padahal, sebelum menjalani proses persalinan Anda sangat membutuhkan tidur yang nyenyak. Jika Anda kesulitan tidur, coba konsumsi makanan dengan banyak kalsium seperti daun bawang, yang dapat membantu otak memproduksi melatonin, hormon yang mengontrol tidur Anda.



 

3) Daging Ayam

Protein yang terdiri dari asam amino dapat membantu otot tetap kuat. Daging ayam adalah satu makanan ideal yang perlu Anda tambahkan dalam menu sehari-hari. Sepotong dada ayam mengandung 27 gram protein.


4) Stroberi

Hingga saat ini banyak yang beranggapan ibu perlu menghindari makanan selama persalinan. Namun, banyak penelitian yang menunjukkan bila mengonsumsi makanan ringan tidak memberikan dampak yang buruk pada kehamilan berisiko rendah. Namun dr. Nicole mengingatkan agar memilh makanan yang rendah lemak karena lebih mudah dicerna. Selain itu konsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti stroberi.


5) Aprikot

Pada tahap kontraksi, mungkin Anda mengalami pembengkakan tubuh karena terjadi perpindahan cairan. Tetap jaga keseimbangan cairan salah satunya dengan mengonsumsi makanan mengandung kalium seperti aprikot. Aprikot tinggi kalium sehingga membantu menjaga cairan dalam tubuh tetap normal. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: persalinan,   nutrisi,   makanan,   buah,   sayur,   lancar,   ibu,   normal,   lahir,   bayi,   operasi








Cover Maret 2020