Mother&Baby Indonesia
Kurang Vitamin D Sebabkan Persalinan Lebih Sakit

Kurang Vitamin D Sebabkan Persalinan Lebih Sakit

Moms, mulai sekarang tingkatkan asupan vitamin D Anda ya! Karena menurut sebuah riset, ibu yang kekurangan vitamin D akan mengalami persalinan yang lebih menyakitkan. Riset dilakukan dengan mengukur kadar vitamin D dalam tubuh 93 orang ibu hamil yang meminta obat penghilang rasa sakit jenis epidural selama proses persalinan. Lalu, para peneliti mencatat siapa saja ibu yang membutuhkan lebih banyak epidural.

 

Pada pertemuan tahunan American Society of Anesthesiologists, ahli-ahli itu kemudian mengungkapkan fakta bahwa ibu yang memiliki kadar vitamin D rendah yang paling banyak membutuhkan obat penghilang rasa sakit. "Kami menemukan bahwa pasien dengan kadar vitamin D rendah, mengalami peningkatan rasa sakit saat melahirkan. Karena itu, usaha preventif dan treatment vitamin D pada ibu hamil kemungkinan dapat menimbulkan dampak signifikan penurunan tingkat nyeri saat persalinan," tutur Dr. Andrew Geller, salah satu yang terlibat dalam penelitian itu.



 

Sumber vitamin D sebenarnya mudah didapatkan di antaranya dari makanan seperti ikan, telur, susu, dan sebagainya. Selain itu, Anda bisa meningkatkan vitamin D dengan berjalan-jalan di pagi hari karena sumber vitamin D terbesar berasal dari sinar matahari. Tenaga kesehatan juga biasanya menganjurkan pasien untuk mengonsumsi suplemen vitamin D. Tapi, suplemen ini harus dikonsumsi sesuai resep dokter. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)

BACA JUGA:

Kurang Vitamin D Tingkatkan Risiko Diabetes



Sering Lelah Pertanda Kurang Vitamin D

Hamil Kurang Vitamin D Bisa Lahirkan Bayi Autisme

 

 



Tags: persalinan,   normal,   nyeri,   sakit,   kekurangan,   vitamin_d,   makanan,   nutrisi,   sinar_matahari,   suplemen










Cover April 2020