Mother&Baby Indonesia
Yuk, Coba 6 Trik Redakan Tangisan Bayi Ini!

Yuk, Coba 6 Trik Redakan Tangisan Bayi Ini!

Moms, Si Kecil tiba-tiba nangis tanpa tahu penyebabnya? Pastinya Anda merasa bingung dan panik ya. Sebenarnya, menangis adalah hal bagus karena merupakan salah satu cara bayi berkomunikasi dengan Anda. Menurut Dr Penelope Leach, seorang psikologi di Inggris, sebagaimana dilansir dari Motherandbaby.co.uk, ada beberapa penyebab bayi tiba-tiba menangis. "Mungkin lapar, minta popoknya diganti serta merasa belum terbiasa dan nyaman dengan lingkungan barunya," ungkapnya.

Lalu bagaimana cara meredakan tangisan bayi, agar kembali tenang seperti sebelumnya? Yuk, simak trik berikut ini!

 



1) Pahami Bahasa Tubuh Bayi

Cobalah perhatikan sinyal-sinyal yang ditunjukkan bayi saat menangis. Lihat gerakan tubuh dan suara tangisannya. Jika bayi seperti menggerakkan kepalanya mencari puting susu, mengisap jari dan menjulurkan lidahnya, maka itu tanda ia sedang lapar. Jika ternyata bayi tidak lapar, maka periksalah popoknya. Kalau bukan keduanya, mungkin saja bayi ingin merasakan kenyamanan. Dekap ia skin to skin dengan Anda.

 

2) Pijat Bayi

Pijat atau massage merupakan cara efektif untuk menenangkan dan membuat bayi rileks, sekaligus untuk membantunya tidur nyenyak. Pijat bayi sehabis mandi dengan mengoleskan baby oil ke tubuhnya. Pijat bagian depan, kaki, dan punggung secara perlahan. Anda bisa melihat tutorial memijat bayi yang benar dari internet. Tapi, pastikan sumbernya dari ahli ya!

 

3) Tepuk-tepuk Bokongnya



Bayi yang belum lahir terbiasa dengan suara detak jantung ibunya. Oleh karena itu, newborn biasanya menikmati Anda dekap di dada. Untuk membantu bayi merasa nyaman, cobalah tepuk-tepuk bagian bokongnya dengan irama seperti detak jantung.

 

4) Buatlah Bunyi atau Suara

Bayi menyukai bunyi yang tidak terlalu bising seperti bunyi hairdryer dan mesin cuci, karena bunyi tersebut mengingatkannya dengan suara yang didengarnya dalam rahim. Selain itu, selama dalam rahim, bayi sudah mendengar musik yang Anda setel saat hamil. Karena itu, setel ulang musik itu untuk membuatnya tenang.

 

5) Beli Sling

Berada di dalam slim akan membuat bayi merasa seperti berada di dalam perut ibunya. Jadi, saat membeli perlengkapan bayi, jangan lupa membeli sling ya, Moms! (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: bayi,   balita,   anak,   tangisan,   trik,   takut,   lapar,   popok,   aman,   bunyi