Mother&Baby Indonesia
Cegah Bahaya Fatal Akibat Diare saat Hamil, Ini Tipsnya

Cegah Bahaya Fatal Akibat Diare saat Hamil, Ini Tipsnya

Ingin membeli jajanan di pinggir jalan, mungkin menjadi salah satu permintaan atau ngidam yang dialami sebagian ibu hamil. Ya, terkadang ibu hamil tiba-tiba ingin menyantap sesuatu yang terbilang kurang menyehatkan dan pengolahannya belum terjamin higienis. Padahal, selama hamil, ibu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bersih dan sehat.

 

Nah, arena salah makan, ibu hamil pun terkena diare. Perlu Moms tahu, diare saat hamil akan sangat mengganggu karena Anda akan bolak-balik ke kamar mandi. Tentu merepotkan apalagi dengan kondisi perut membesar. Memang umumnya, diare tidak berakibat langsung pada kondisi janin di rahim. Hanya saja, ibu berisiko mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan gara-gara diare. Nah, dehidrasi inilah yang bisa membahayakan janin dalam perut. Untuk mengatasi diare dengan cara tepat, yuk simak tipsnya berikut ini!



 

1) Untuk diare ringan, atasi dengan mengonsumsi cairan oralit. Anda dapat membuat oralit sendiri dengan mencampur garam dan gula bersama air hangat.

 



2) Hentikan mengonsumsi susu dan berbagai produk olahannya. Perbanyak minum air putih matang. Anda juga bisa menambahkannya dengan madu.


3) Perbanyak konsumsi makanan yang kaya dengan asam folat dan vitamin B, seperti sayuran hijau dan buah-buahan.

4) Perbanyak waktu untuk beristirahat.

5) Apabila diare yang Anda alami termasuk dalam kategori serius, segeralah memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit untuk segera mendapatkan penanganan. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)



Tags: hamil,   diare,   bumil,   sakit_perut,   cairan,   mencret,   oralit,   air








Cover Januari - Februari 2020