Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 19 Juli 2017 / Redaksi

Apakah Janin dalam Rahim dapat Mendengar Suara Anda?

Moms, percayakah Anda bahwa janin dalam rahim dapat mendengar suara? Ya, telinga janin mulai tumbuh saat usia kandungan sekitar delapan minggu. Calon bayi ini akan benar-benar dapat mendengar dengan jelas saat usia kandungan 24 minggu.

 

Nah, pada saat usia kandungan 18 minggu, janin dalam kandungan mulai dapat mendengar untuk pertama kalinya. Suara pertama yang dapat didengar oleh janin adalah suara detak jantung Anda dan suara aliran darah. Itu adalah saat dimana tulang telinga bagian dalam dan ujung saraf otak sedang berkembang.



 

Kemudian, pada usia minggu ke 25, calon bayi bisa mulai mendengar suara dari pasangan Anda dan akan mulai mengenalinya. Jadi, inilah saat yang tepat untuk mengobrol dengan janin Anda dan meminta suami untuk membacakan buku cerita. Sebuah penelitian membuktikan, dalam masa ini detak jantung bayi akan tenang ketika mendengar Anda berbicara. Hal ini akan membantunya membentuk ikatan yang kuat dengan Anda.



Situs AskDrSears menyatakan bahwa janin memiliki telinga yang diskriminatif pada saat ini. Janin dapat memberikan respons dengan menendang keras saat Anda mendengarkan musik rock. Sebaliknya, ia akan tenang saat mendengar musik klasik.

 

Maka Moms, mulailah sering bercerita tentang kegiatan Anda sehari-hari dan perdengarkan janin dengan lagu ataupun suara dari orang sekitar Anda. Dengan demikian, saat bayi lahir, ia terbiasa dengan suara-suara itu. (Seva/HH/Dok. freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Begini Cara Tepat Hadapi Kehamilan Tak Terencana

4 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Ibu Hamil

Pola Makan Sehat untuk Bumil Kembar

OTHER ARTICLES

Tips Berpuasa untuk Anda yang Menderita Asam Lambung

Awas Nyamuk Ganas! Ini 10 Fakta Japanese Encephalitis

Kenapa Area Puting Menghitam saat Hamil? Ini Jawabannya

Ini yang Diperiksa Dokter pada Bayi di Tahun Pertama

Mengenal Urtikaria, Penyakit Biduran pada Anak