Mother&Baby Indonesia
5 Fakta Efek Negatif Rokok Terhadap Ibu Hamil dan Janin

5 Fakta Efek Negatif Rokok Terhadap Ibu Hamil dan Janin

Moms, saat hamil sebaiknya hindarkan diri dari dari asap rokok, ya. Termasuk, bila Anda sebelumnya perokok, sebaiknya segera berhenti merokok. Ya, merokok saat hamil memang tidak diperbolehkan. Namun, menghirup asap rokok juga dilarang lho, Moms! Nah, berikut ini risiko atau dampak negatif rokok terhadap janin Anda:

 

1. Karbon monoksida, nikotin dan zat lain yang dihirup dan masuk paru-paru dapat menuju pada aliran darah dan menembus plasenta.



 

2. Nikotin membuat jantung bayi berdetak lebih cepat saat bayi berjuang untuk mendapatkan oksigen. Hal ini dapat memengaruhi laju pertumbuhan janin.

 

3. Paparan tembakau juga dapat membuat bayi lebih rentan menderita asma dan infeksi dada setelah lahir yang cukup buruk sehingga memungkikan bayi masuk NICU.



 

4. Ada risiko kematian mendadak yang lebih tinggi jika pasangan Anda merokok. Segera minta pasangan untuk berhenti merokok.

 

5. Beberapa studi telah memastikkan bahwa perokok pasif dapat merusak kesehatan calon bayi dalam kandungan dan meningkatkan risiko keguguran serta kelahiran prematur. (Seva/HH/Dok. freepik)



Tags: hamil,   rokok,   perokok,   merokok










Cover April 2020