Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 3 Juli 2017 / Redaksi

Jangan Abaikan 6 Tanda Awal Kehamilan Ini!

Moms, ternyata gejala awal kehamilan yang dirasakan setiap wanita tidak sama, lho. Hal ini diungkapkan oleh dr. Grace Kong, seorang spesialis obgyn di California AS. Menurutnya, tanda-tanda kehamilan yang terjadi pada setiap wanita berbeda-beda. Tidak hanya itu, seorang wanita bisa saja mengalami gejala yang berbeda pada kehamilan pertama dan kedua. Misalnya, bila di kehamilan pertama Anda mengalami morning sickness, pada di kehamilan kedua belum tentu mengalaminya juga.

 



Nah, ingin tahu beberapa tanda kehamilan yang mungkin terjadi pada Anda? Yuk, simak di sini!


1) Terlambat Menstruasi

Bagi Anda yang siklus menstruasinya teratur, jika mengalami keterlambatan menstruasi, segeralah mengecek apakah Anda hamil atau tidak. Pengecekan bisa dilakukan dengan testpack. Jika hasilnya positif maka segera berkonsultasi dengan dokter, ya!


2) Payudara Bengkak

Dr. Grace mengatakan, jika payudara mengalami pembengkakan dan terasa nyeri saat ditekan maka bisa jadi tanda awal kehamilan. Siklus perubahan hormon pada wanita yang terjadi setiap bulan merupakan penyebab pembengkakan payudara. Apabila payudara lebih sensitif daripada biasanya maka itu mungkin sinyal kehamilan.


3) Kelelahan

Merasa lelah seusai beraktivitas adalah sesuatu yang wajar. Tapi apabila Anda dalam kondisi sehat dan kelelahan meski tidak melakukan apa-apa, maka Anda boleh curiga tengah hamil.


4) Mual

Perubahan hormon menyebabkan Anda mual bahkan muntah. Ini bisa terjadi 5 sampai 6 minggu setelah pembuahan. Meski mual dan muntah selama kehamilan disebut morning sickness namun bisa terjadi siang dan malam.


5) Tidak Menyukai Jenis Makanan dan Bau Tertentu

Saat hamil, beberapa wanita akan lebih sensitif baik indra perasa dan penciumannya. Mereka tidak berselera pada makanan tertentu dan akan sangat peka dengan bau-bauan.


6) Perdarahan dan Kram

Perdarahan dan kram mungkin terlihat seperti menstruasi. Tapi jika hanya ada sedikit darah atau flek dan terasa kram, maka ini juga bisa berarti embrio sedang tumbuh dalam rahim. (Meiskhe/HH/dok.Freepik)




BACA JUGA:

Pusing saat Hamil Pertanda Anemia?

Kenali Kehamilan Kosong

9 Perubahan Payudara saat Hamil

 

 

 

 


RELATED ARTICLE

Usir Rasa Cemas, Hamil Anda pun Lancar!

Cara Tepat Atasi Sembelit saat Hamil

5 Tips Mudik Aman dan Nyaman bagi Ibu Hamil

OTHER ARTICLES

Benarkah Obstetric Cholestasis Jadi Penyebab Prematur?

Waspada Hepatitis A pada Anak! Ketahui 10 Fakta Ini

Cara Tepat Mencapai Tujuan Keuangan Keluarga Anda

Ini Tanda-Tanda Bayi Kelelahan dan Cara Mengatasinya

Tips Berpuasa untuk Anda yang Menderita Asam Lambung