Home - Bayi - Tanya Ahli Bayi / 13 Juli 2017 / Redaksi

Cara Mengobati Diare pada Bayi

Dijawab oleh dr. Jeanne-Roos Tikoalu, Sp.A, IBCLC dari RS Pondok Indah dan RS Puri Indah.

 

T: Dok bayi saya mengalami diare selama 3 hari dengan warna tinja kuning kehijauan. Teksturnya juga tampak berserat, lengket dan kental. Saya sudah periksakan kondisinya ke dokter dan diberikan oralit, tetapi tetap belum sembuh. Kira-kira apa yang terjadi dengan bayi saya ya, Dok? Bagaimana menanganinya?






J:  Anak diare memang kondisi yang mengkhawatirkan, baik untuk anak maupun orangtua. Warna tinja yang normal berwarna kekuningan, cokelat, cokelat tua bahkan kadang kehijauan. Namun tekstur berserat, lengket dan kental yang dialami Si Kecil, mungkin saja menandakan adanya gangguan pencernaan atau infeksi saluran cerna anak.
Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan feses. Hasil laboratorium dapat menjadi panduan obat apa yang selanjutnya akan diberikan. Orangtua dapat memberikan cairan oralit dan menghindari pemberian makanan yang merangsang terjadinya diare, sebagai pertolongan pertama. Karena itu, jika diare pada bayi Anda belum kunjung sembuh juga, segera bawa Si Kecil untuk dilakukan pemeriksaan feses. (Carla/Meiskhe/HH/dok.Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Benarkah Bayi Akan Demam Saat Tumbuh Gigi?

Cara Melatih Anak agar Mampu Duduk Sendiri

Kiat Memberi MPASI yang Benar dan Tepat untuk Bayi

OTHER ARTICLES

Mother&Baby Fair 2019 Hadir di Makassar Weekend Ini!

Mitos Seputar Kulit Bayi yang Anda Perlu Tahu

Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam? Ini Jawabannya, Moms

50+ Ide Nama Bayi Laki-Laki yang Bermakna Berani

Muslim Life Fest 2019