Home - Bayi - Tanya Ahli Bayi / 5 Juli 2017 / Redaksi

Benarkah Bayi Akan Demam Saat Tumbuh Gigi?

Dijawab oleh dr. Jeanne-Roos Tikoalu, Sp.A, IBCLC dari RS Pondok Indah dan RS Puri Indah.

 

T: Dok, apa benar setiap bayi mau tumbuh gigi akan mengalami demam? Anak saya berusia 5 bulan dan sedang tumbuh gigi. Ia jadi rewel terus, tetapi tidak mengalami panas dan demam. Mohon penjelasannya ya, Dok!




J: Proses tumbuh gigi merupakan salah satu bagian dari tumbuh-kembang bayi. Bakal gigi akan menembus mukosa gusi pada saat proses pertumbuhan gigi. Kondisi ini menyebabkan pekerjaan tubuh (metabolisme badan) meningkat. salah satunya, ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh. Peningkatan suhu tubuh ini, seringkali dianggap orangtua sebagai demam. Namun peningkatan suhu tubuh tersebut belum tentu dialami setiap bayi, seperti halnya bayi Anda.




Meski tidak mengalami peningkatan suhu tubuh, tetapi rasa tidak nyaman akibat tumbuh gigi seringkali membuat bayi rewel. Anda bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang dialami Si Kecil dengan mengajak bicara, mendengarkan musik atau memberikan mainan untuk mengalihkan perhatiannya. Mainan gigit seperti teether juga dapat diberikan untuk mengurangi rasa tidak nyamannya. Umumnya rewel Si Kecil akan berhenti sendiri setelah gigi tumbuh. (ClaudiaCarla/Meiskhe/HH/dok.Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Cara Melatih Anak agar Mampu Duduk Sendiri

Kiat Memberi MPASI yang Benar dan Tepat untuk Bayi

Bayi Sering Gumoh Bisa Sebabkan Gangguan Pertumbuhan

OTHER ARTICLES

Yang Anda Pikir Vs Menurut Orang Tua atau Mertua Anda

Ini Cara Dian Sastro Menyelesaikan 'PR' Tanpa Repot

Jakarta Fashion and Food Festival 2019

50+ Ide Nama Bayi Perempuan yang Bermakna Berani

Ini Penyebab Hidung dan Bibir Bengkak saat Hamil