Mother&Baby Indonesia
Waspada dan Kenali Diabetes pada Anak

Waspada dan Kenali Diabetes pada Anak

Moms, selama ini mungkin Anda mengenal diabetes sebagai penyakit yang menyerang orang dewasa atau usia lanjut. Padahal, diabetes juga bisa menyerang anak-anak lho. Diabetes yang banyak dijumpai pada anak adalah diabetes melitus (DM) tipe 1.

 

Pada DM tipe 1, terjadi proses autoimun dimana sistem kekebalan tubuh mengalami gangguan, sehingga menganggap sel pankreas sebagai benda asing. Akibatnya, sel pankreas dihancurkan dan tidak dapat memproduksi insulin. Padahal, insulin dibutuhkan untuk mengubah gula darah menjadi energi.



 

Tapi jangan khawatir ya, Moms. Walaupun kondisi ini permanen, bukan berarti Si Kecil akan berbeda dengan anak lainnya. Ia masih bisa tumbuh dan berkembang layaknya anak yang sehat. Kuncinya adalah mengendalikan kadar gula darah dengan melaksanakan 5 hal, yaitu penyuntikan insulin, pemantauan gula darah, pengaturan diet, olahraga, dan edukasi. “Oleh sebab itu, tata laksanan pada DM tipe 1 membutuhkan tim yang dapat bekerja secara holistik,” ujar Dr. dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K) pada acara gathering bersama pasien dan keluarga yang diadakan oleh Klinik Anak Ap & AP.



 

Tim yang dimaksud terdiri dari konsultan ahli endokrin anak, dokter spesialis anak, ahli gizi, dan dokter umum yang berperan sebagai edukator. Ahli gizi juga diperlukan karena makanan adalah sumber energi untuk proses tumbuh kembang anak. Untuk lebih mudah, Anda bisa mendatangi diabetes center seperti Klinik Ap & Ap karena sudah memiliki tim yang lengkap. (Nadia/HH/Dok. Pixabay)



Tags: diabetes,   info,   diabetes_mellitus,   insulin,   anak








Cover Januari - Februari 2020