Mother&Baby Indonesia
Anak Anda Mudah Mabuk di Perjalanan? Ini Solusinya!

Anak Anda Mudah Mabuk di Perjalanan? Ini Solusinya!

Seru ya Moms kalau mengajak Si Kecil bepergian. Ketika Si Kecil tertawa ketika diajak bermain di dalam kendaraan, suasana pun jadi tambah menyenangkan. Moms dan Dads jadi tak merasa jenuh dan stres karena terjebak kemacetan lalu lintas.


Akan tetapi, adakalanya Anda merasa kerepotan ketika justru Si Kecil rewel ketika di kendaraan. Begitupun, ketika Si Kecil muntah karena mabuk perjalanan. Alhasil, perjalanan jadi kurang nyaman karena Si Kecil mengalami hal tersebut.



 

Nah, mabuk perjalanan umumnya terjadi pada anak terutama usia 2-12 tahun. Kenapa? Karena otak mereka lebih sensitif dalam merespons gerakan atau guncangan. Gejalanya, dimulai dengan merasa tidak nyaman pada daerah perut, diikuti dengan peningkatan air liur, muka pucat dan akhirnya ia pun muntah.


Berikut ini Moms beberapa tips agar Si Kecil tidak lagi mabuk selama bepergian:

a. Hindari Pemicunya
Si Kecil bisa merasa mual ketika ia membaca buku, menonton televisi, atau bermain selama perjalanan. Rasa mual ini muncul baik ketika di dalam mobil, kereta, pesawat ataupun kapal laut. Cobalah ajak ia menikmati pemandangan melalui jendela agar tidak merasa mual dan perhatiannya teralihkan dengan sesuatu yang menyenangkan.


b. Pilih Jalan yang Nyaman
Bila Anda bepergian menggunakan mobil, pilihlah jalan yang nyaman tanpa banyak belokan atau permukaan aspal yang bergelombang atau jalanan yang rusak. Soalnya, melalui jalanan yang berbelok-belok dan kendaraan terguncang-guncang dapat membuat pusing, Si Kecil akan mudah mual dan merasa ingin muntah.


c. Pilih Bepergian saat Jam Tidur
Bila memungkinkan, pilihlah jam tidur Si Kecil sebagai waktu keberangkatan dan saat pulang nanti. Jadi selama perjalanan, Si Kecil dalam kondisi tidur pulas tanpa merasa mual.


d. Hindari Wewangian
Hindari menggunakan pengharum mobil ataupun parfum yang menyengat karena dapat membuat anak Anda merasa mual. Bila ingin menggunakan pengharum mobil, carilah yang berbau segar dan menyejukkan.


e. Bawa Makanan Ringan
Bawalah makanan dan minuman ringan. Hindari makan berat yang dapat membuat Si Kecil kenyang karena dapat memicu mabuk perjalanan. Namun jika jarak tempuhnya jauh atau Si Kecil mengeluh lapar, berikan ia buah-buahan atau camilan, seperti crackers. (Seva/HH/Dok. freepik)



BACA JUGA:

Camilan Sehat untuk Anak saat Bepergian

Aktivitas Seru di Perjalanan Panjang

Jahe Solusi Atasi Mabuk Perjalanan

 


 


 

 

 



Tags: mabuk,   perjalanan,   tips








Cover Januari - Februari 2020